Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Ini Dia Sejumlah Sorotan Media Asing Dalam Debat Capres Ketiga

Komisi Pemilihan Umum (KPU) menuntaskan debat ketiga calon presiden (capres) pada Minggu (7/01/2024) di Istora Senayan, Jakarta.

Tiga calon Presiden Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo berdebat pada topik pertahanan, keamanan, geopolitik, hubungan internasional, dan politik luar negeri.

Perdebatan calon presiden menarik perhatian beberapa media asing. Mereka menyoroti tiga calon presiden yang saling serang saat debat.

Berikut isi beberapa pemberitaan media asing terkait debat capres perdana Selasa Pilpres 2024.

1. Saat Prabowo dapat serangan dari dua rivalnya

Kantor berita Reuters mengulas debat capres ketiga dalam berita berjudul “Indonesia Presidential Frontrunner Under Fire as Rivals Attack Defence Plans”.

Capres nomor urut 2, Prabowo Subianto disebutkan mendapat serangan dari kedua lawan debatnya.

Anies dan Ganjar mengkritik menteri pertahanan itu dinilai ceroboh dan boros dalam membuat strategi pengadaan peralatan militer Indonesia.

Media asal Inggris ini menyebut Indonesia sebagai negara dengan perekonomian terbesar di Asia Tenggara.

Namun, belanja pertahanan Indonesia justru kalah dari negara tetangga selama satu dekade terakhir.

Reuters juga menyoroti pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mengatakan data negara bersifat rahasia sementara debat itu banyak diisi dengan serangan pribadi kepada capres.

Media ini juga membagikan data survei dari Lembaga Survei Indonesia yang menunjukkan pasangan calon (paslon) Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming unggul dari ketua paslon lainnya.

2. Kritik ketiga capres

Kantor berita Nihon Keizai Shimbun (Nikkei) Asia memberitakan debat capres ketiga dalam artikel “Indonesia’s Prabowo Grilled Over Fighter Jet Plan in Third Debate”.

Media asal Jepang itu juga menyoroti serangan dan kritik dari kedua capres terhadap kebijakan Prabowo. Bedanya, Nikkei Asia menyebut Prabowo tampak bingung ketika membantah kritik tersebut.

Media ini menilai, Prabowo gagal mengarahkan topik debat ke bidangnya sebagai menteri pertahanan Indonesia. Dia juga disebut gagal menjelaskan perannya dalam meningkatkan kemampuan pertahanan dan kedudukan geopolitik Indonesia.

Nikkei juga mengkritik capres nomor urut 1, Anies Baswedan. Anies disebut kurang menjelaskan rencananya untuk meningkatkan belanja pertahanan Indonesia.

Sementara capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo dikritik tidak menjelaskan cara Indonesia mengatasi ketegangan di Laut China Selatan dengan baik.

3. Soroti jawaban capres soal pertahanan negara

VOA News menerbitkan tulisan “Indonesia’s Presidential Hopefuls Face Off in Debate” tentang debat capres ketiga.

Media asal Amerika Serikat ini menyoroti jawaban Prabowo dan Anies terhadap strategi yang akan diterapkan untuk menjaga pertahanan Indonesia.

Prabowo disebut mementingkan kekuatan militer untuk mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Dia juga membandingkan dengan situasi di Gaza, Palestina yang tengah berkonflik melawan Israel.

Anies diberitakan mendorong cara mengatasi ancaman terhadap negara dari sisi teknologi. Dia juga berjanji tidak menjadikan Indonesia sebagai penonton dalam kancah global.

Di sisi lain, VOA News menyebut Prabowo-Gibran unggul di survei jelang Pilpres 2024. Ganjar yang menempati peringkat kedua disebut berpotensi dilampaui oleh Anies.

4. Prabowo dinilai defensif

Media Hong Kong South China Morning Post membahas debat capres ketiga dengan judul “Indonesia Election 2024: Anies, Ganjar Attack Prabowo Over Defence, China Policies in Third Presidential Debate”.

Media asal China ini menyebutkan, Prabowo Subianto seharusnya bisa menangkis pertanyaan lawan debatnya karena telah menjabat menteri pertahanan lima tahun. Nyatanya, dia defensif dan memberikan jawaban kurang memuaskan.

Pernyataan Prabowo terkait Gaza juga mendapatkan sorotan. Dia ditulis menyatakan, “Sejarah mengajarkan kita bahwa tanpa kekuatan militer, suatu negara bisa terinjak-injak, seperti Gaza, yang sumber dayanya dirampas”.

SCMP juga menyoroti ketiga capres gagal menyebut China saat membicarakan utang luar negeri Indonesia. Media ini bahkan menyebutkan ‘semua kebijakan Jokowi selama ini sangat bergantung pada China’.

Media ini juga menuliskan pendapat para ahli terkait pemenang debat capres ketiga di antara Anies, Prabowo, dan Ganjar.

5. Prabowo unggul dan Anies salip Ganjar

Vietnam Plus menuliskan artikel “Indonesia’s Presidential Candidates Hold Debate” tentang debat capres ketiga.

Media ini menjabarkan jawaban ketiga capres untuk mempertahankan negara. Prabowo ingin menjaga hubungan positif dengan semua kekuatan global. Ganjar dorong peningkatan aktivitas patroli TNI Angkatan Laut. Anies menekankan pertahanan siber.

Media asal Vietnam itu menyebutkan Prabowo dianggap sebagai capres paling potensial. Dia unggul dalam sejumlah survei sejak memilih Gibran Rakabuming putra sulung Jokowi sebagai calon wakil presiden.

Ganjar disebut ada di posisi kedua. Namun, Anies dikatakan berpeluang mengalahkan Ganjar dan mengikuti pemilu putaran kedua.

6. Etika dan keterbukaan data

Media The Straits Times memberitakan debat capres ketiga lewat artikel “South China Sea, Asean Among Topics Discussed at Indonesia’s Third Presidential Debate”.

Media Singapura ini menyoroti Laut Cina Selatan dan rencana ketiga capres mengatasinya. Ganjar akan mengadakan perjanjian sementara Anies mendorong peran aktif dan perbaikan Asean.

The Straits Times juga membahas kritikan Anies kepada Prabowo mengenai etika, khususnya standar etika seorang pemimpin suatu negara. Prabowo menanggapi dengan menyebut Anies bersikap menyesatkan dan tidak pantas membahas etika karena memberi contoh butuk.

Meski begitu, Anies tetap menekankan Prabowo perlu menjelaskan posisinya serta membagikan data dan fakta melalui forum yang dapat didengar banyak orang.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

PJ Gubernur DKI Heru Budi Diperpanjang

Tim Kontributor

Apa Itu Tim Percepatan Reformasi Yang Dibentuk Mahfud MD?

Tim Kontributor

Jika Cawapres Anies Tak Diumumkan Bulan Ini, Demokrat Akan Mengevaluasi Kembali.

Tim Kontributor

Leave a Comment