Faktual.id
POLITIK Politik Dalam Negri

Ini Dia Peta Dukungan Purnawirawan Jenderal Pada Pilpres 2024

Beberapa purnawirawan TNI telah mengumumkan dukungannya kepada tiga calon presiden pada pemilihan presiden 2024 mendatang. Salah satunya adalah mantan Panglima TNI (Purn), Jenderal Andika Perkasa.

Andika bersama ratusan purnawirawan TNI-Polri menyatakan dukungannya kepada calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo. Mereka optimistis dengan Ganjar yang dinilai berkomitmen membangun negara dengan strategi pertahanan dan keamanan disertai kemajuan teknologi.

Dalam suatu kesempatan, Ganjar Pranowo diajak untuk berdiskusi dan bertukar pikiran tentang masa depan pertahanan dan keamanan. Memang, ia menyampaikan beberapa poin penting terkait penguatan pertahanan negara.

“Kalau pendapatan negara besar, maka pertahanan negara juga pasti kuat. Maka kita harus meningkatkan pendapatan itu bagaimanapun caranya. Banyak potensi pendapatan negara yang belum dioptimalkan,” ujar Ganjar di Jakarta pada Senin (31/7/2023).

Lebih lanjut, Gubernur Jawa Tengah itu juga berbicara mengenai pengembangan industri alutsista dan industri pertahanan. “Negara kita harus kuat, maka alutsista dan kelengkapannya harus maksimal. Secara industri militer kita punya, itu kemandirian yang mesti kita kembangkan. Kita panggil anak-anak terbaik bangsa untuk menyelesaikan industri alutsista kita,” lanjutnya.

Bukan hanya itu saja, Ganjar juga menekankan persiapan sistem pertahanan di masa mendatang untuk melindungi negara dari perang modern.

“Kita harus siap dengan perang baru masa depan. Menurut saya tidak hanya alutsista, tapi juga proxy, pertahanan digital dan bio sains. Kita harus siapkan, perguruan tinggi, industri dan lembaga riset harus kita siapkan dan kita dorong untuk itu,” tegasnya.

Gagasannya mengenai pertahanan negara tersebut membuat TNI/Polri terkesima. Sehingga mereka dengan optimis menyatakan bahwa Ganjar adalah sosok yang tepat sebagai pemimpin masa depan. “Mas Ganjar memang orang yang tepat untuk mencalonkan untuk menjadi presiden. Kita kan pendukung semua di sini,” ungkap Andika Perkasa.

Selain itu, Ganjar Pranowo juga mendapatkan dukungan dari Relawan Gapura Nusantara (RGN). Mereka terdiri dari 1.000 jenderal purnawirawan TNI/Polri. Deklarasi dilakukan di Grand Ballroom Kelapa Gading Sport Center, Jakarta Utara, Sabtu (10/6/2023). Dalam deklarasi tersebut, Ganjar dinilai mampu mempertahankan empat konsensus dasar bernegara, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dan Bhinneka Tunggal Ika.

Ganjar juga dianggap mau dan punya ketegasan dalam melanjutkan program pembangunan yang telah dirintis oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). “Beliau yang paling tegas. Visi kita itu kan mempertahankan Pancasila, UUD 1945, NKRI, Bhinneka Tunggal Ika, dan hanya Pak Ganjar yang punya ketegasan untuk melakukan itu,” kata Ketua Dewan Pembina RGN Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh yang juga mantan Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL).

Adapun tokoh-tokoh yang hadir dalam deklarasi itu mantan Sekretaris Jenderal Kementerian Pertahanan Laksdya TNI (Purn) Agus Setiaji yang juga Ketua Umum RGN, mantan Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI (Purn) Agus Supriatna, dan mantan Sekretaris Militer Presiden era Megawati Soekarnoputri, Mayor Jenderal TNI (Purn) Tb Hassanudin.

Hadir juga para senior TNI/Polri di antaranya Letjen TNI (Purn) Sintong Panjaitan, Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, Marsekal Madya TNI (Purn) Dede Rusamsi, hingga Laksamana Madya TNI (Purn) Mudjito.

Tak hanya Ganjar Pranowo, calon presiden Anies Baswedan juga turut mendapatkan dukungan dari Forum Purnawirawan Perwira Tinggi TNI-Polri untuk Perubahan (FP3). Sejumlah mantan jenderal itu tampak hadir dalam jumpa pers yang digelar di Hotel Yuan, Jakarta Pusat, Kamis (6/7/2023).

Diantaranya adalah mantan Stafsus Kepala Staf Angkaran Darat (KSAD) Letnan Jenderal (Purn) Ediwan Prabowo, dan mantan Dansesko TNI Angkatan Laut Laksamana Madya (Purn) Dedi Muhibah Pribadi. Kemudian, Mayor Jenderal (Purn) Hartomo yang pernah menjabat sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat, hingga mantan Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI (Purn) Muhammad Syaugi.

Ediwan menyebutkan, ada ratusan ribu alasan yang membuat mereka menilai Anies Baswedan tepat untuk menjadi pemimpin bangsa. “Jadi tidak usah panjang lebar menyampaikan ada 10.000, bahkan 100 ribu alasan yang membuat beliau memang cocok tepat untuk memimpin bangsa ini pada tahun 2024 sebagai presiden,” kata Ediwan.

Dia mengungkapkan, salah satu alasannya adalah Anies dinilai sebagai ikon perubahan yang bisa menjawab permasalahan bangsa saat ini. Menurut dia, mayoritas rakyat Indonesia khususnya yang menginginkan perubahan sepakat dengan pernyataannya itu. “Kami juga bersama rakyat sependapat unutk dukung Anies sebagai capres 2024,” jelas dia.

Prabowo Subianto

Di sisi lain, Organisasi Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) mendukung Prabowo Subianto untuk maju menjadi calon presiden RI pada Pemilu 2024 mendatang. “Kami akan membantu Gerindra dalam rangka pemenangan Pemilu 2024 khususnya membantu Prabowo Subianto menjadi Presiden RI,” kata Ketua Dewan Penasehat PPIR Mayjen TNI (Purn) Arri Sujono di Kupang, Ahad (21/8/2022).

Hal ini disampaikannya usai mengukuhkan pengurus Koordinator Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) Provinsi Nusa Tenggara Timur di desa Nekamese, di Kabupaten Kupang. Mantan Aspers KSAD itu menyatakan, bahwa NTT merupakan provinsi pertama yang menjadi daerah pengukuhan Koordinator Purnawirawan Pejuang Indonesia Raya (PPIR) setelah rapimnas yang dilakukan beberapa waktu lalu di Jawa.

Menurut dia, untuk wilayah NTT sendiri jumlah purnawirawan untuk mendukung dan memenangkan Prabowo dalam Pemilu 2024 kurang lebih mencapai 6.000-an purnawirawan baik itu TNI dan Polri. “Jumlah dan kekuatan ini akan kami manfaatkan untuk memenangkan Bapak Prabowo,” tambah dia.

Arri Sujono yang juga merupakan teman satu angkatan Prabowo di Akademi Militer (Akmil) itu menyatakan alasan PPIR mendukung Prabowo karena saat ini Menteri Pertahanan itu adalah ketua partai dan calon presiden yang memikirkan kesejahteraan rakyat.

 

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Soal Butet Akan Dipolisikan karena Pantun untuk Jokowi, Anies: Ini Ancaman Kebebasan

Tim Kontributor

PSI Panik!!

Tim Kontributor

Ini Harta Karun Warisan Soeharto Yang Disulap Jokowi

Tim Kontributor

Leave a Comment