Faktual.id
RAGAM INFO

Hadiri Penobatan Raja Charles III, Dubes RI Wakili Presiden Jokowi

Sumber Foto : Dunia.Tempo.co

Duta Besar RI buat Inggris, Desra Percaya, menerima undangan dari Kerajaan Buckingham buat mendatangi penobatan bersejarah Raja Charles III yang bakal dilaksanakan pada Sabtu( 6/ 5) esok. Diplomat itu hendak muncul mewakili Presiden Jokowi atas arahan dari Menteri Luar Negara RI Retno Marsudi. Dalam postingannya di Instagram, Desra mengaku sudah menerima undangan tersebut prosesi bersejarah tersebut pada Rabu( 3/ 5).

“ Kemarin( 3/ 5), yang ditunggu- tunggu akhirnya datang, kartu undangan istimewa buat mendatangi upacara‘ Coronation’( upacara pemahkotaan) Raja Charles III minggu ini, Sabtu, 6 Mei 2023,” tulis Desra.

“ Kedatangan saya di acara Coronation nanti mewakili Bapak Presiden[Jokowi] cocok amanah yang saya terima dari Ibu Menteri Luar Negeri[Retno Marsudi],” sambung ia.

Desra pula memberikan potret- potret atmosfer di Ibu Kota London yang saat ini nampak dipercantik menjelang penobatan Charles III. Banyak ornamen kerajaan serta hiasan di jalanan yang nantinya bakal jadi rute arak- arakan Charles III. Momentum yang diperkirakan bakal mengundang banyak wisatawan asing serta tingkatkan citra Inggris ini pertama kali kembali dilaksanakan semenjak upacara pemahkotaan si ibu, mendiang Ratu Elizabeth II, diselenggarakan 70 tahun lalu pada 1953.“ Semacam tidak ingin kalah dengan si Raja yang dihormati rakyat Inggris, London turut bersolek,” ungkap Desra.

“ Simbol- simbol kenegaraan yang megah menghiasi sudut kota, demikian pula cindera mata yang telah banyak dijual. Mudah- mudahan cuaca minggu ini terang sehingga suasana perayaan dapat optimal,” sambung ia.

Sesuai dengan sejarah, penobatan Charles III bakal berlangsung di Westminster Abbey— gereja istimewa berumur lebih dari 900 tahun yang pula jadi posisi pemakaman Elizabeth II.

Tetapi, jalur sepanjang rute arak- arakan Penobatan Raja Charles III terhitung Trafalgar Square, mulai dipadati penggemar keluarga kerajaan Inggris.

Kali ini, Charles III mau menyederhanakan prosesi penobatan dengan metode mengundang lebih sedikit tamu. Kerajaan Buckingham kali ini cuma mengundang 2 ribu tamu, suatu angka yang jauh lebih sedikit dibanding penobatan Elizabeth II pada 1953 yang menggapai lebih dari 8 ribu tamu.

Charles III mau menunjukkan diri sebagai wujud raja modern yang membiasakan diri dengan pertumbuhan era.

Sehingga, prosesi kerajaan kali ini tidak cuma mengundang bangsawan serta tokoh agama Katolik saja. Bermacam tokoh agama Islam, Kristen, Hindu, Buddha, serta Sikh di London ikut diundang mendatangi prosesi penobatan Raja Charles III.

Disarikan Oleh JMKP

Sumber

Related posts

Ibu Vanessa Khong Ikut Murka

Tim Kontributor

Polisi Selidiki Motif Penembakan di Exit Tol Bintaro

Tim Kontributor

KEMBALINYA DEMOSTRAN MAHASISWA TOLAK OMNIBUSLAW

Tim Kontributor

Leave a Comment