Faktual.id
EKONOMI RAGAM INFO Traveling

Gibran Tawarkan Bantuan Untuk Samin Beserta Keluarga Umrah

Penjaga SD Negeri Lojiwetan, Samin (53) yang terancam gagal berangkat haji lantaran uang tabungan selama dua tahun ludes dimakan rayap mendapat perhatian dari Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka.
“Nanti tak bantu,” kata Gibran di Balai Kota Solo, Rabu (14/9).

Gibran berjanji akan memberangkatkan Samin dan keluarganya untuk umrah. Bantuan tersebut berasal dari biro umrah dan haji. Menurut Gibran, sudah ada beberapa tawaran yang masuk.

“Ini sudah ada beberapa biro sing meh mbantu (yang mau membantu). Tenang wae,” katanya.

Putra Presiden Joko Widodo itu menegaskan bantuan yang ditawarkan hanya untuk memberangkatkan Samin ke Tanah Suci.

“Memberangkatkan umrah lho ya. Ora ngijoli duite (tidak mengganti duitnya). Tujuannya kan itu to. Sing penting kan meh mangkat to (yang penting kan mau berangkat),” kata Gibran.

Ia menambahkan, tawaran bantuan tersebut saat ini masih dikomunikasikan dengan pihak Samin. Ia berharap Samin tidak menolak tawaran bantuan tersebut.

“Jangan ditolak. Mosok mau nolak rezeki. Tapi nanti keputusannya ada di bapaknya. Kalau belum siap ya silahkan,” katanya.

Terkait uang Samin yang rusak karena dimakan rayap, Gibran menyerahkan hal itu kepada Bank Indonesia. Sesuai aturan, Bank Indonesia (BI) bisa mengganti uang rusak selama luasan uang tersebut minimal 66 persen atau 2/3 dari luasan uang utuh.

“Nanti kita lihat dulu bersama BI. duitnya yang bisa terselamatkan berapa juta,” katanya.

Lebih lanjut, Gibran mengajak publik belajar dari peristiwa tersebut. Warga diminta untuk tidak lagi menabung di rumah seperti yang dilakukan Samin.

“Makanya, kalau nabung di bank, jangan di celengan,” katanya.

Sebelumnya, Samin telah mengumpulkan uang sekitar Rp100 juta selama dua setengah tahun. Uang tabungan haji itu ia simpan dalam dua kaleng yang disimpan di dalam rumahnya.

Selasa (13/9) kemarin, Samin melihat banyak rayap di sekitar tempatnya menyimpan uang. Ia pun meminta istrinya untuk membuka kaleng tabungan tersebut.

Saat dibuka, satu kaleng berisi Rp 50 juta hampir habis dimakan rayap. Sementara satu kaleng lainnya terselamatkan karena merupakan tabungan baru.

 

Sumber

 

Disarikan Oleh : RS

 

Related posts

Rupiah Ambruk, USD Tembus Ke Level Rp15.100-an

Tim Kontributor

Pasien Omicron dirawat Di RS, Di tanggung Sendiri atau Biaya Sendiri

Tim Kontributor

Pelanggan Selalu Pengaruhi Performa Driver

Tim Kontributor

Leave a Comment