Faktual.id
Bisnis

Gaya Hidup Baru

Luar biasa, Corona mampu mengubah dunia. Segala lini kehidupan berubah total.

Salah satunya adalah gaya hidup. Melalui tulisan ini ada 5 hal kebiasaan manusia yang  tersoroti cukup signifikan terjadi di masyarakat hingga kebiasaan ini bisa mengubah gaya hidup masyarakat.

 

  1. Cuci Tangan

Anjuran yang digaungkan berulang – ulang melalui himbauan di setiap media baik Televisi, Radio, Media cetak, Media Sosial dan tempat – tempat umum untuk selalu mencuci tangan guna menghindari terpapar virus corona yang dapat menyebar melalui droplet dan benda – benda yang disentuh pasien terinfeksi, membuat masyarakat yang awalnya di dorong rasa takut menjadikan mereka memiliki kebiasaan untuk selalu mencuci tangan.

“Partikel virus yang berakhir di jari dan tangan anda dapat menulari anda”, kata spesialis penyakit menular dari Mayo Clinic Nipinie Rajapakse, M.D., M.P.H.

 

  1. Menggunakan Masker

Seperti juga mencuci tangan, masker juga bagian proteksi diri dari virus ini. Masker mencegah tetesan droplet ke paru -paru. Menggunakan Masker bukan hanya menghindari virus corona namun melindungi pengguna terkena infeksi baru.

 

  1. Menikmati tinggal di rumah.

Awalnya banyak kita dengar keluhan masyarakat akan bosannya tinggal dirumah, khususnya masyarakat yang tinggal di perkotaan. Namun realita melalui berita  tentang banyak nya korban terpapar virus Corona hingga terjadi kematian, menyebabkan masyarakat berpikir ulang dan lebih berhati – hati untuk keluar rumah dan mengadakan perjalanan. Kaum muda suka atau tidak suka harus memikirkan anggota keluarga yang tinggal serumah yaitu kaum tua dan anggota keluarga yang memiliki penyakit penyerta (komorbid).

 

  1. Menggunakan Hand Sanitizer

Hand sanitizer salah satu media proteksi yang saat ini selalu setia dibawa oleh masyarakat. Selain penggunaannya lebih mudah dibandingkan mencuci tangan, hand sanitizer juga di jumpai di mana – mana. Di setiap toko, restauran, swalayan, pasar dan semua area publik menyediakan hand sanitizer. Hingga mendorong masyarakat menjadikan hand sanitizer salah satu kebutuhan penting setiap hari.

 

  1. Olah Raga dan Berjemur

Dokter Arie Sutopo SpKO mengatakan “ Kalau di rumah hanya kerja saja masalah bisa timbul. Kita harus gerak dan olah raga agar otot dan sendi – sendi bergerak”. Selain memang masyarakat mengalami kebosanan untuk hanya diam di rumah dan tidak bergerak banyak, maka olah raga salah satu bentuk mengatasi kebosanan dan diyakini dapat menjadikan tubuh sehat hingga kesehatan tubuh itu dapat memproteksi diri dari virus.

 

.

 

Berjemur juga menjadi gaya hidup karena penelitian mengklaim bahwa sinar matahari dengan sinar UV dapat menghancurkan virus yang ada di tubuh. Sinar matahari dapat juga menghapus 90 persen dari virus yang hidup dipermukaan hanya dalam 34 menit.

Walau di sisi lain, Organisasi kesehatan Dunia (WHO) mengklaim bahwa sinar matahari tidak bisa mencegah virus Corona.

 

Kelima hal tersebut diatas adalah sebagian dari kebiasaan yang saat ini sering dilakukan masyarakat hingga menjadi gaya hidup. Kalau itu semua baik biarlah dapat kita lakukan selamanya walau suatu hari nanti Corona berakhir. Kebiasaan yang baik melahirkan gaya hidup yang sehat

 

Penulis : Aris Waruwu – Mahasiswa STISIP Widuri

Related posts

Museum Sejarah Jakarta

Tim Kontributor

Sampah Masker dan APD Menumpuk Jadi Masalah Baru di RI

Tim Kontributor

Usaha yang menghidupkan warga sekitar kampus

penulis

Leave a Comment