Faktual.id
RAGAM INFO Traveling

Festival Kopi Nusantara Hadir Kembali di Jakarta

Faktual.id – Rabu, 04 November 2020

Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DKI Jakarta akan kembali menggelar Festival Kopi Nusantara (FKN) 2020 pada 5 – 7 November 2020.

FKN tahun 2020 merupakan pelaksanaan yang ke-2 setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2019 di Kawasan Kota Tua Jakarta.  Nah, kali ini FKN 2020 digelar secara virtual mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi COVID-19.

Deputi Kepala Kantor Perwakilan BI Jakarta Luctor Tapiheru menjelaskan, kegiatan FKN 2020 merupakan bentuk kepedulian BI Jakarta dalam mendukung pertumbuhan kopi tanah air dan akan diikuti 55 UMKM. Juga merupakan wujud dan peran nyata pihaknya dalam mendukung pertumbuhan industri kopi dalam negeri sebagai komoditas unggulan serta programi Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). FKN 2020 merupakan penyelenggaraan kali kedua setelah sebelumnya diadakan tahun lalu di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat.

“FKN 2020 diikuti kurang lebih 55 UMKM kopi binaan dari seluruh nusantara. Tujuan penyelenggaraan FKN 2020 mendorong pengembangan usaha dan industri kopi di seluruh Indonesia melalui capacity building, kurasi produk specialty coffee serta pelaksanaan promosi dan business matching guna perluasan pasar baik domestik maupun ekspor ke luar negeri,” ujar Luctor, Rabu (4/11).

Luctor mengatakan, tujuan penyelenggaraan FKN 2020 adalah mendorong pengembangan usaha dan industri kopi di seluruh Indonesia melalui capacity bunding kurasi produk speciaity corfee serta pelaksanaan promosi dan busirness matching guna perluasan pasar baik domestik maupun ekspor ke luar negeri.

Penjelasan luctor, FKN 2020 terdiri dari beberapa kegiatan antara lain, business matching, seri webinar, workshop, talkshow dan beberapa kompetisi yang dilaksanakan secara virtual melalui website www.festivalkopinusantara.co.id. Selain itu, FKN 2020 juga akan menyelenggarakan webinar series dalam rangka edukasi terkait outlook industri kopi di masa pandemi.

Masih banyak kegiatan lainnya, dalam rangka peningkatan capacity building UMKM kopi, FKN 2020 juga menyelenggarakan workshop terkait teknik penyajian kopi yakni roasting workshop, manual brew workshop, dan espresso workshop.

“Tahun lalu, ajang FKN mencatatkan nilai transaksi sebesar Rp 2 miliar. Harapan kami tahun ini bisa mencatatkan lebih dari Rp 2 miliar,” tandasnya.

“Nah, saat kita kita masih belum bebas dari pandemi covid-19, apalagi ada aturan yang wajib kita ikuti soal pencegahannya, maka untuk kali ini kita akan laksanakan secara virtual. Semua acara dapat diikuti melalui website www.festivalkopinusantara.co.id, pokoknya dalam FKN 2020 para pecinta kopi dan pengusaha termasuk petani kopi akan mendapatkan informasi lengkap soal kopi,” imbuhnya.

Seluruh kegiatan dan kompetisi dalam FKN 2020 dapat diikuti oleh masyarakat luas secara GRATIS. FKN 2020 akan menampilkan berbagai hiburan secara virtual dan puncaknya adalah konser musik 7 Ruang DSS Production dengan bintang tamu Katon Bagaskara.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” – Diah Vanda Ningsih MMD6

Sumber

Related posts

Tindak Lanjut Hal Keributan Pengguna KRL di Gerbong Wanita

Kontributor

Pentingnya menempuh pendidikan di perguruan tinggi agar menjadi generasi yang cerdas di massa depan

penulis

Hubungan Seks Dapat Menularkan Covid 19, Begini Faktanya

Kontributor

Leave a Comment