RAGAM INFO Teknologi

Facebook Simpan Ratusan Juta Password Pengguna Dalam Bentuk Teks

MENLO PARK – Facebook diduga menyimpan password ratusan juta penggunanya dalam bentuk teks. Hal tersebut ditemukan oleh perusahaan keamanan Krebs on Security.

Facebook diam-diam menyimpan ratusan juta password pengguna selama bertahun-tahun. Kumpulan password itu tersimpan dalam sebuah berkas teks tak berformat, dan dapat diakses oleh 20 ribu karyawan Facebook, dikutip laman The Verge, Sabtu (23/3/2019).

Krebs on Security mengungkapkan, kemungkinan antara 200 sampai 600 juta pengguna Facebook terdampak dengan bocornya password mereka.

Tak lama setelah kabar itu beredar, perusahaan besutan Mark Zuckerberg ini meyakinkan bahwa password tersebut aman dan tidak terpapar keluar perusahaan.

Facebook mengkonfirmasi masalah ini dalam sebuah posting blog, berjudul “Keeping Passwords Secure,”. Dalam postingan tersebut Pedro Canahuati, VP Engineering, Security and Privacy Facebook mengatakan bahwa mereka mengidentifikasi password itu dalam ulasan keamanan yang dilakukan pada Januari lalu.

Media sosial raksasa ini menegaskan, sedang memperbaiki masalah ini dan akan mengabarkan kepada pengguna yang terdampak dengan insiden tersebut. Namun ia menampik jika password yang dimaksud tidak terpapar kepihak lain.

“Kata sandi ini tidak pernah terlihat oleh siapa pun di luar Facebook dan kami tidak menemukan bukti sampai saat ini bahwa ada orang yang disalahgunakan secara internal atau diakses dengan tidak benar,” ujarnya dalam postingan tersebut.

Ia memperkirakan, masalah ini kemungkinan berdampak pada ratusan juta pengguna Facebook Lite, 10 jutaan pengguna Facebook lainnya serta 10 ribuan pengguna Instagram.

Related posts

Vanessa Angel Berjuang Agar Penangguhan Penahanan Dikabulkan

adminweb

Hari Kanker Sedunia, Istri Gus Ipul Ingatkan Pentingnya Periksa Ms V

adminweb

Secara Sukarela Pangeran Philip menyerahkan SIM ke Polisi

Kontributor

Leave a Comment