Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Evakuasi Trigana Air di Halim Perdanakusuma, Badan Pesawat Dipotong

Proses evakuasi pesawat kargo Trigana Air PK-YSF yang tergelincir di landasan pacu Bandara Halim Perdanakusuma terus berlangsung. Evakuasi dilakukan dengan cara memotong badan pesawat menjadi beberapa bagian.

“Jadi ini atas dasar koordinasi sekali lagi, persetujuan pertama dari PT Trigana kemudian kita rapat tadi malam sampai 08.30 WIB diputuskan yang paling efektif adalah dengan memotong karena dari PT Trigana, KNKT, Angkasa Pura II setuju bahwa pesawat sudah total lost, tidak bisa digunakan lagi sehingga cara cepat membuka bandara dengan cara melakukan pemotongan sehingga lebih mudah diangkut dengan crane dan harapan kami cepat dan bandara bisa di buka untuk seluruh penerbangan,” kata Danlanud Halim Perdanakusuma Marsma TNI Bambang Gunarto, kepada wartawan, Minggu (21/3/2021).

Bambang menyampaikan sejauh ini evakuasi bangkai pesawat Trigana Air telah berjalan 70 persen. Nantinya, bagian-bagian pesawat akan di angkat menggunakan alat berat.

“Sampai saat ini tinggal menyisakan bagian body pesawat bagian tengah. Jadi kondisinya masih di posisi TKP semula, sedang kita upayakan untuk bergerak ke tempat yang aman digabungkan bagian-bagian lain,” jelasnya.

Dia berharap proses evakuasi bisa dirampungkan hari ini. Dengan begitu, pihaknya bisa secepatnya membuka Bandara Halim Perdanakusuma.

“Jadi tentunya atas dasar koordinasi lagi kira-kira sore pukul 16.00 WIB insyaallah, apabila sejam ke depan ini pesawat bagian tengah sudah bisa kita geser kita finishing, yakinkan lagi sehingga safety terjaga dan insyaallah sore kita bisa declare,” ucapnya.

Sebelumnya, Penerbangan sipil di Bandara Halim Perdanakusuma hari ini masih dialihkan ke Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dampak dari pesawat kargo Trigana Air PK-YSF yang tergelincir di landasan pacu atau runway. Pengalihan penerbangan itu dilakukan selama 24 jam ke depan.

“Kami mengimbau kepada calon penumpang pesawat yang memiliki tiket keberangkatan atau kedatangan di Bandara Halim Perdanakusuma pada Minggu 21 Maret 2021 agar dapat berkoordinasi dengan maskapai mengenai perubahan jadwal atau rute penerbangan seiring dengan dialihkannya penerbangan dari Halim Perdanakusuma ke Soekarno-Hatta,” ujar VP of Corporate Communication PT Angkasa Pura II Yado Yarismano melalui keterangan tertulis, Minggu (21/3/2021).

Yado menerangkan saat ini landasan pacu belum dapat digunakan. Pesawat Trigana Air saat ini masih dalam proses evakuasi.

Pesawat Trigrana Air PSK YSF tergelincir di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur. Pesawat tersebut dalam kondisi keluar runway.

Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati, saat dikonfirmasi, Sabtu (20/3/2021), mengatakan, peristiwa ini terjadi sekitar pukul 11.26 WIB. Pesawat keluar runway saat landing.

sumber

Related posts

Peran Perempuan Sangat Besar dan Diperlukan dalam Pemberantasan Korupsi

Tim Kontributor

KEBERHASILAN HASIL JERIH PAYAH TERSENDIRI

Tim Kontributor

Mengenal Pulau Siberut

Tim Kontributor

Leave a Comment