Faktual.id
RAGAM INFO

Duet Ridwan Kamil dan Anies Baswedan Nyaris Mustahil

Unggahan video di akun Instagram resmi Gubernur DKI Jakarta @aniesbaswedan pada Rabu (16/2/2022) kemarin mencuri perhatian publik.

Pasalnya, dalam video tersebut ia nampak sedang menjajal lapangan Jakarta International Stadium (JIS) bersama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan melakukan adu penalti. Sejumlah warganet pun mengaitkan adu penalti antara kedua pemimpin daerah tersebut dengan duet Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 kelak.

Namun, Ujang Komaruddin yang merupakan pengamat politik menilai, duet antara Anies dan Ridwan Kamil nyaris mustahil terjadi. Pasalnya, keduanya hingga saat ini tidak memiliki dukungan dari partai. Pertemuan antara Anies dan Ridwan Kamil hanya bagian dari strategi untuk mencuri perhatian publik.

“Bola dijadikan instrumen, karena sepak bola banyak penggemarnya dan JIS menjadi lokasi adu penalti, karena JIS merupakan legacy dari Anies”.

Pertemuan Anies dan Ridwan Kamil, menurut Ujang, lebih dikarenakan keduanya memiliki pengalaman senasib sepenanggungan. Dalam artian, keduanya memiliki elektabilitas yang cukup tinggi, namun tidak memiliki partai politik pendukung.

“Soal apakah mereka akan berduet, itu belum tentu. Karena duet keduanya akan sulit terjadi. Sebabnya, karena keduanya tak punya partai,” kata Ujang.

Untuk diketahui, baik Anies Baswedan dan Ridwan Kamil kerap masuk dalam bursa pilpres versi sejumlah lembaga survei. Yang terbaru, hasil survei Saiful Mujani Research & Consulting (SMRC) menunjukkan, dalam simulasi top of mind, Riwan Kamil memperoleh elektabilitas sebesar 13 persen dan disusul Anies sebesar 12,2 persen.

Sementara berdasar simhlasi semi terbuka, dari 29 nama tokoh, Anies berada di posisi teratas dengan 17 persen dan Ridwan Kamil di posisi ketiga dengan 16,5 persen. Disarikan Oleh MSLP

Sumber

Related posts

Antrean Vaksin Booster Mengular di Kota Bekasi

Tim Kontributor

Pada era psbb Santri santri di pesantren Diajak memakai Masker Sebagai Gaya Hidup

Tim Kontributor

Berkebun Menjadi Salah Satu Hobi Di Saat Pandemi

penulis

Leave a Comment