Faktual.id
RAGAM INFO Traveling

CARA MEMILIH RANSEL YANG COCOK DAN NYAMAN

Banyak yg bertanya dan juga banyak ayng aku baca, menanyakan : aku punya tinggi badan sekian sekian dan berat badan sekian sekian. Walo telah banyak menulis dibeberapa forum dan channel, aku pikir ada baiknya untuk mengulang kembali agar yang belum mengerti bisa lebih paham, tentang satu hal yang banyak disalah pahami ini.

Satu hal yang paling penting dipahami adalah, berat dan tinggi badan seseorang tidak punya pengaruh akan ransel/carrier yang nyaman.

Namun ukuran torso seseorang akan menentukan tingkat kenyaman dalam pemakaiannya.
Apa itu torso? Torso adalah tulang belakang yang dimulai dari tulang yang menonjol didaerah leher belakang kala kita menunduk yang dinamakan C7 Vertebra, sampai ke tulang daerah yang sejajar dengan pinggul, Iliac Crest.

Ukuran ini tidak sama disemua orang, walaupun mempunyai tinggi badan yang sama. Misalnya dua orang punya tinggi badan 170 cm, namun yang satu punya kaki lebih panjang, sehingga panjang torsonya lebih pendek. Sedangkan yang satunya punya kaki lebih pendek sehingga torsonya relatif lebih panjang.

Nah dengan ukuran yang didapat, barulah kita mencari ransel dengan ukuran torso yang cocok. Misalnya Osprey dengan ukuran Small mencakup ukuran torso dari mulai 35 cm sampe 48 cm, dan ukuran Medium mencakup ukuran torso mulai dari 46 cm ke 53 cm, dan seterusnya.

nah kalo ukuran torso ada ditengah tengah antara SMALL dan MEDIUM, pilihlah ukuran yang lebih (MEDIUM).

Sebaiknya, sebelum bayar, dicoba dulu ransel/carrier yang mau dibeli ukurannya. Di atur pengaturan talinya, baik dari pinggang, dada dsb, sehingga terasa nyaman. Dan kalo sudah memilih ukuran yg benar, harusnya nyaman. Jangan lupa dimasukkan beban buatan ke ransel yang beratnya sekitar 10 kg.

 

Penulis : ahmad fauzi mahasiswa stisip widuri

Related posts

Ganjil Genap Jl Rasuna Said Jaksel, Sejumlah Pemobil Ditilang

Tim Kontributor

Manfaat Omega 3 dan 6 untuk Kesehatan Tubuh Saat Pandemi

Tim Kontributor

Strategi STISIP WIDURI Dalam Menggelar Perkuliahan Daring (Online) di Masa Pandemi Covid-19

penulis

Leave a Comment