Faktual.id
POLITIK

Bimbingan Politik di Lingkungan Kampus

Lingkungan kampus merupakan simulasi dari kehidupan masyarakat. Segala apa yang terjadi di dalam masyarakat juga terjadi di lingkungan kampus ini, termasuk budaya demokrasi dan berpolitik. Budaya politik justru mendapat tempat tersendiri di kampus.

Setelah reformasi tahun 1998, NKK/BKK ditiadakan dan organisasi kemahasiswaan menjadi tak terkekang lagi sementara para mahasiswa dapat dengan bebas memberikan pendapatnya, tentunya harus sesuai dengan nilai – nilai demokrasi itu sendiri.  Demokratis berarti setiap manusia menjadi bebas memberikan pendapat ataupun menerima pendapat secara lugas dan beretika.

Mahasiswa merupakan generasi muda yang akan mempimpin negeri ini di masa yang akan datang. Tentunya sangat diharapkan apabila kampus mampu menjadi tempat untuk mencetak tokoh – tokoh nasional, tempat pembelajaran politik yang baik sehingga dapat membangun bangsa ke arah yang lebih baik karena setiap manusia mungkin bisa saja memberikan pendapat, tapi belum tentu tiap manusia dapat memberikan pendapat lugas dan beretika.

Maka di sinilah peran lingkungan kampus agar dapat menjadi tempat pembelajaran politik yang ideal sehingga para mahasiswa dapat menjadi manusia – manusia yang kritis, lugas akan tetapi elegan dan beretika dalam menyampaikan aspirasinya.

” Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Helmilia Putri Adelita/MMD5.

Related posts

Penguasa dan Wakil Rakyat Khianati Buruh soal UU Cipta Kerja..?

Tim Kontributor

Kasus Jiwasraya Menggelar Sidang Vonis Hari Ini

Tim Kontributor

Kenapa Mahasiswa Harus Paham Politik

penulis

Leave a Comment