Faktual.id
EKONOMI KOMUNIKASI RAGAM INFO

Bansos Tunai Cair Rp 600 Ribu Pekan Lalu Lewat PT Pos, Sudah Terima?

Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan Bantuan Sosial Tunai (BST) sebesar Rp 300 ribu/perbulan sudah cari kepada keluarga penerima manfaat (KPM) sejak pekan lalu. Bansos itu disalurkan melalui jaringan PT Pos Indonesia.

“Sudah sejak minggu lalu sudah disalurkan. Penyaluran melalui PT Pos,” kata Risma, dalam keterangannya, Selasa (13//2021).

Bansos tunai yang masuk periode Mei-Juni ini disalurkan pada bulan Juli. Artinya jika per bulan per-keluarga mendapatkan Rp 300 ribu maka untuk bulan ini bansos tunai yang cair sebesar Rp 600 ribu/KPM. Target kemensos untuk bansos tunai bisa menjangkau 10 juta KPM.

Selain bansos tunai, Kemensos juga memiliki bansos lain, yakni Program Keluarga Harapan (PKH) dan bansos non tunai (BPNT) yang disalurkan juga akan cair bulan ini. Untuk PKH ditargetkan menjangkau 10 juta KPM.

Sedangkan kartu sembako sebelumnya ditargetkan bisa menjangkau 15,93 juta KPM senilai Rp 200/KPM per bulannya. Namun, Risma meningkatkan jangkauan hingga 18,8 juta KPM.

Untuk itu, bagi untuk mengecek apakah Anda sebagai penerima bantuan tunai. Bisa mengecek langsung ke laman https://cekbansos.kemensos.go.id.”Penyaluran PKH dan BPNT/Kartu Sembako dilakukan melalui jaringan Himpunan Bank-bank Negara (Himbara),” ujar Risma.

Berikut ini caranya:

1. Kunjungi laman https://cekbansos.kemensos.go.id.
2. Masukkan data provinsi, kabupaten, kecamatan, dan desa/kelurahan
3. Masukkan nama penerima manfaat sesuai KTP masukkan dua kata yang tertera dalam kotak kode
4. Jika tidak jelas huruf kode klik gambar refresh untuk mendapatkan kode baru
5. Lalu klik tombol pencari data.

Bansos tunai, PKH, dan kartu sembako menjadi bansos yang pencairannya dipercepat oleh pemerintah. Hal itu dilakukan sejalan dengan pemberlakuan PPKM Darurat yang berlaku hingga 20 Juli 2021. Bansos ini menjadi program perlindungan sosial kepada masyarakat yang terdampak dari aturan tersebut.

sumber

Related posts

Jokowi Minta Guru Lebih Kreatif Dan Inovatif Pada Peringatan Hardiknas Tahun 2021

Tim Kontributor

Jokowi Kaget Dengan Ada Varian Baru Virus Corona

Tim Kontributor

Ilmu komunikasi

Tim Kontributor

Leave a Comment