Faktual.id
RAGAM INFO

Bagaimana Vonis Banding Ricky Rizal? apakah akan diterima?

Erman Umar, Pengacara dari Ricky Rizal, salah satu pelakon pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, tampil di Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Erman mengaku mau membenarkan langsung persidangan banding terhadap Ricky Rizal dilaksanakan terbuka buat umum.

” Aku mau membenarkan persidangan dilaksanakan terbuka, serupa kemarin vonis terhadap upaya banding dari KPU yang pula dilaksanakan terbuka,” kata Erman kepada awak media di lokasi, Rabu( 12/ 4/ 2023).

Erman berharap, hakim Pengadilan Tinggi DKI Jakarta bisa lebih objektif dalam memutus hukuman terhadap kliennya. Bagi Erman, Ricky Rizal tidak layak dihukum sepanjang 13 tahun semacam putusan di Pengadilan Negara Jakarta Selatan.

” Bagi aku hakim wajib berani jika masih berbeda komentar kita setidak- tidaknyanya kerabat Ricky masih dapat duduk selaku polisi minimun dihukum 2 tahun ataupun 1, 5 tahun semacam Richard Eliezer,” ucap Erman.

Erman membenarkan, kliennya tidak ketahui serta tidak ikut serta dalam rencana pembunuhan berencana antara Ferdy Sambo serta Yosua Hutabarat. Tentang itu dibuktikan dengan kenyataan persidangan serta fakta dari para saksi yang menyebut Ricky tidak terindikasi berbohong disaat dites memakai perlengkapan lie detector.

” Ia telah menolak kok( turut skenario pembunuhan yang dituturkan Ferdy Sambo), itu yang sepanjang ini aku banding sebab vonis majelis hakim lebih dahulu tidak pas serta tidak benar. Jadu aku berharap Ricky bisa keringanan paling tidak sama dengan Eliezer itu harapan aku,” Erman menandasi.

Pengadilan Tinggi DKI Jakarta menggelar persidangan banding atas putusan terhadap Ferdy Sambo, Ricky Rizal, Putri Candrawathi, serta pekerja rumah tangga Kuat Maruf.

Persidangan diawali jam 09. 00 Wib hari ini. Vonis dari upaya banding hendak dibacakan secara terpisah serta dimulai dari Ferdy Sambo.

Tersangka Ricky Rizal divonis 13 tahun penjara oleh majelis hakim atas perkara pembunuhan Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Usai mendengar vonis tersebut, Ricky berputar ke belakang serta mendatangi awak media di barisan hadirin.

” Aku tidak sempat memiliki kemauan serta kehendak buat menewaskan Yosua serta aku pula tidak sempat mengenali tentang pembunuhan berencana ini,” kata Ricky di Pengadilan Negara Jakarta Selatan, Selasa( 14/ 2/ 2023).

Soal proses hukum selanjutnya, yaitu upaya banding, Ricky menyerahkan perihal tersebut ke regu penasihathukumnya.

” Buat proses selanjutnya saya serahkan ke regu penasihat hukum,” jelas ia sembari kembali ke ruang tahanan.

Secara terpisah regu penasihat hukum Ricky, Erman Umar menegaskan bakal melaksanakan upaya banding terhadap putusan yang dijatuhkan majelis hakim terhadap kliennya.

” Banding ya bakal banding,” jelas ia sembari mendampingi Ricky ke luar ruang persidangan.

Disarikan Oleh JMKP

Sumber

Related posts

Kominfo : Buat Masyarakat Miskin Yang Belum Memakai STB TV Digital Dapat Datang Langsung Ke Posko

Tim Kontributor

“Jokowi Dikritik Mahasiswa: Universitas Tidak Perlu Menghalangi”

Tim Kontributor

Tepatkah Aturan Penggunaan Masker di Dalam mobil?

Tim Kontributor

Leave a Comment