Faktual.id
RAGAM INFO

Anies Nyapres 2024

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dipasangkan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dan Ketum PD Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) untuk Pilpres 2024. Kira-kira menurut Anda, siapa yang paling pas mendampingi Anies?
Sebagaimana diketahui, DPW Partai Persatuan Pembangunan (PPP) DKI Jakarta dikabarkan merekomendasikan Anies berpasangan dengan Khofifah untuk capres-cawapres 2024. Kabar tersebut juga sudah menyebar ke daerah lain, termasuk Jawa Timur (Jatim). DPW PPP Jatim sendiri mengamini bahwa sosok Anies-Khofifah layak diusung.

Wakil Ketua DPW PPP Jatim Mujahid Ansori mengakui nama Anies dan Khofifah memang sedang jadi perbincangan. Sebab, nama keduanya masuk radar capres-cawapres 2024.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Memang dua orang ini sedang menjadi pembicaraan serius di DPW PPP Jatim. Jadi Anies dan Khofifah adalah dua sosok yang mempunyai karakter yang kuat, yang beda, dan saling mengisi,” kata Mujahid seperti dikutip dari detikJatim, Kamis (14/4/2022).

Mujahid menyebut, segmentasi dukungan dari Anies dan Khofifah berbeda. Jika keduanya diduetkan, maka pasangan ini berpeluang besar menang Pilpres 2024.

“Anies dan Khofifah mempunyai pangsa pasar sendiri. Kalau ini bergabung jadi satu, memang agak dahsyat gitu lho. Jadi pangsa pasarnya Anies dan Bu Khofifah, baik di Jatim dan Indonesia punya pangsa pasar sendiri,” terangnya.

Sementara itu, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) memasangkan Anies dengan AHY sebagai pasangan capres-cawapres Pemilu 2024 untuk kepentingan survei.

Dalam survei yang digelar pada 13-20 Maret 2022, SMRC mensimulasikan 3 pasangan capres-cawapres, Anies-AHY salah satunya. Dua pasangan lain, yakni Ganjar Pranowo-Airlangga Hartarto, dan Prabowo Subianto-Puan Maharani.

Survei SMRC dimaksud digelar melalui wawancara tatap muka kepada masyarakat yang berusia 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan. Jumlah sampel survei SMRC kali ini sebanyak 1.220 responden, dengan 1.027 responden yang dianalisis. Adapun margin of error survei ini +- 3,12 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen (asumsi simple random sampling).

Dalam surveinya, SMRC melakukan 2 simulasi pasangan capres-cawapres. Setiap simulasi ada 3 pasangan. Hasilnya, pasangan Anies-AHY selalu menang dalam 2 simulasi tersebut.

“Jika pemilihan presiden-wakil presiden diadakan sekarang dan diikuti oleh tiga pasangan, Anies-AHY vs Ganjar-Airlangga vs Prabowo-Puan, ketiga pasangan tersebut mendapat dukungan yang kurang lebih sama,” demikian petikan rilis survei SMRC yang dirilis hari ini, Kamis (7/4/2022).

Berikut hasil simulasi pertama:

Anies-AHY: 29,8%
Ganjar-Airlangga: 28,5%
Prabowo-Puan: 27,5%
Tidak tahu/tidak jawab: 14,3%

Dalam simulasi kedua, Anies kembali dipasangkan dengan AHY, Prabowo dengan Puan, dan Ganjar dengan Airlangga. Perbedaan dengan simulasi pertama terletak pada pasangan Ganjar-Airlangga. Di mana, dalam simulasi kedua, Airlangga diposisikan sebagai capres, sementara Ganjar cawapres.

Berikut hasil simulasi kedua:

Anies-AHY: 32,3%
Prabowo-Puan: 29%
Airlangga-Ganjar: 22,6%
Tidak tahu/tidak jawab: 16,1%

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

Menjelang Imlek, Pedagang Ikan Bandeng Berderet Di Pasar

Tim Kontributor

PESAWAT KEBANGGAAN AS RUSAK DI TABRAK SEEKOR BURUNG

Tim Kontributor

Terungkap! Skenario PPKM Darurat Disiapkan Sampai 6 Minggu

Tim Kontributor

Leave a Comment