Faktual.id
KOMUNIKASI RAGAM INFO

Alarm Bahaya Di Jabodetabek Sudah Dinyalakan BRIN, Waspada Banjir Besar

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) telah mengeluarkan peringatan bahaya kepada warga Jabodetabek. Bibit siklon 91S diyakini sedang bergerak mendekati wilayah Jabodetabek.

Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRI), dr Erma Yulihastin, dalam cuitannya di platform X, Senin (11/3/2024)  mengatakan kondisi itu perlu jadii perhatian karena sangat jarang terjadi.

Dalam catatannya siklon 91S juga juga jadi penyebab banjir besar yang terjadi di Jakarta pada 2002. Saat ini Erma berupaya melakukan pemantauan lebih lanjut mengenai siklon 91S bersama timnya.

“Bibit siklon 91S semakin mendekat Jabodetabek. Ini adalah event langka yang mengulang penyebab banjir besar Jakarta 2002 karena vorteks telah menyebabkan hujan dinihari yg persisten selama berhari-hari di Jakarta,” tulis Erma.

Dia memang tidak memastikan banjir besar akan terjadi di Jakarta. Hanya saja menurutnya faktor penyebabnya sudah mendekati wilayah Jabodetabek.

Keberadaan siklon 91S juga diakui oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Lewat unggahan akun Instagram resmi BMKG, Minggu (10/3/2024), disebutkan bahwa siklon 92S terpantau ada di Samudra Hindia bagian tenggara dan barat daya Lampung.

Sejumlah daerah di Indonesia berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang pada Senin termasuk beberapa kota besar, menurut peringatan dini cuaca Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Dalam peringatan cuaca BMKG yang dikutip dari Jakarta, Senin, sejumlah titik di provinsi yang diprakirakan mengalami hujan lebat adalah Sumatera Utara, Sumatera Barat, Bengkulu, Jambi, Kepulauan Bangka Belitung, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, dan Jawa Timur.

Selain itu, hujan lebat juga berpotensi turun di wilayah Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Tenggara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sedangkan hujan dengan intensitas yang lebih ringan berpotensi terjadi di Sumatera Selatan, Jawa Tengah, Bali, dan Kalimantan Selatan.

Hujan lebat dapat turun di sejumlah kota besar di Indonesia termasuk Semarang, Banjarmasin, Pangkal Pinang, Bandar Lampung dan Mamuju. Dengan hujan sedang diprakirakan terjadi di Yogyakarta, Palangka Raya, dan Kupang.

Khusus wilayah DKI Jakarta, hujan sedang berpotensi turun di Jakarta Selatan dan Jakarta Timur serta Kepulauan Seribu. Sementara hujan ringan terjadi di wilayah Jakarta Barat, Jakarta Pusat, dan Jakarta Utara.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Sesulit Itukah Test CPNS di Mata Masyarakat?

Tim Kontributor

Ini Yang Menjadi Pertanyaan Hakim MK Dalam Hal Pergantian Dirut Bulog Budi Waseso, Ditemukan Kaitan Cawe-cawe Jokowi?

Tim Kontributor

Soal Butet Akan Dipolisikan karena Pantun untuk Jokowi, Anies: Ini Ancaman Kebebasan

Tim Kontributor

Leave a Comment