Faktual.id
RAGAM INFO

Ada 7 Manfaat Burung Puyuh yang Jarang Diketahui Loh !

Hai sobat Faktual, siapa disini yang doyan atau suka banget konsumsi telur burung buyuh? kalian tau gak sih telur yang satu ini. Walaupun ukurannya kecil, tapi telur puyuh ternyata mengandung banyak sekali manfaat untuk kesehatan. Telur puyuh merupakan salah satu sumber nutrisi seperti vitamin, mineral, antioksidan dan fitonutrien. Nah sobat Faktual artikel ini akan membahas tentang beberapa manfaat utama telur puyuh bagi kesehatan.

1. Mengurangi Resiko Kanker

Selenium adalah salah satu mineral yang paling banyak terkandung di dalam telur puyuh. Mineral ini dapat membantu mengurangi risiko terkena kanker prostat. Bagaimana cara kerjanya? Selenium memiliki antioksidan yang melindungi sel-sel tubuhmu dari kerusakan dan oksidasi.

2. Menjaga Kesehatan Hati, Kulit, Rambut dan Mata

Riboflavin juga dikenal sebagai vitamin B2. Secara umum, vitamin B termasuk vitamin B2 membantu menjaga kesehatan hati, kulit, rambut, dan mata. Riboflavin juga berperan dalam produksi sel darah merah. Telur burung puyuh mengandung banyak riboflavin, terutama jika kamu makan lebih dari satu.

3. Membantu Menurunkan Tekanan Darah atau Hipertensi

Telur puyuh bermanfaat untuk membantu menurunkan tekanan darah atau hipertensi karena mengandung kalium di dalamnya. Kalium adalah mineral penting yang bertindak sebagai vasodilator alami berfungsi untuk melemaskan pembuluh darah kita, meningkatkan sirkulasi darah, dengan demikian membantu mengendalikan tekanan darah tinggi atau hipertensi dan juga membantu menjaga sistem kardiovaskular kita tetap sehat.

4. Membantu dalam Detoksifikasi

Telur puyuh juga mengandung antioksidan dan asam amino. Di mana antioksidan membantu melindungi sel-sel tubuh anda dari efek buruk radikal bebas sedangkan asam amino berfungsi untuk mengikat racun dan membuangnya.

5. Menenangkan Alergi

Mengkonsumsi telur puyuh secara teratur dapat menenangkan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi dikarenakan adanya protein ovomucoid di dalamnya.

6. Mengurangi Resiko Anemia

Mengkonsumsi telur puyuh secara teratur dapat menenangkan peradangan yang disebabkan oleh reaksi alergi dikarenakan adanya protein ovomucoid di dalamnya.

7. Baik untuk Kesehatan Gigi

Telur puyuh juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan gigi dan mengurangi masalah mulut. Ini dikarenakan telur puyuh mengandung mineral zinc.

Nah itu tadi beberapa manfaat dari burung puyuh, tetapi meski manfaatnya banyak, bukan berarti kamu boleh makan sebanyak-banyaknya. Karena gizinya yang baik itu, maka ada batasnya juga saat makan. Ingat, semua yang terlalu berlebihan juga gak baik ya sobat faktual. Penulis : Agustinus Mendrofa || Stisip Widuri

 

Related posts

Kota Tua Jakarta Peninggalan Belanda Yang Kini Menjadi Tempat Favorite Anak Millenial

penulis

Efek Komunikasi Massa di Masa Pandemi

Tim Kontributor

NIKMATNYA TRAVELLING PAS JOMBLO

Tim Kontributor

Leave a Comment