Faktual.id
POLITIK Politik Dalam Negri RAGAM INFO

75 Tahun Indonesia Merdeka Masih Ada Yang Belum Merdeka?

Tiap perayaan Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia, pasti ada saja yang bilang “Kita belum merdeka, nyari kerja masih susah, barang-barang mahal, air beli!”

Nenek buyut saya dulu tidak punya pekerjaan, juga jarang sekali punya uang, tapi hidupnya merdeka. Dari kebon sepetak di belakang rumahnya di ciganjur sana semua kebutuhannya terpenuhi. Hanya garam yang dia harus beli. Air minum ngambil di kali tiap hari, direbus dulu tentunya sebelum diminum. Di pelosok Gunung Prau sana juga ada Mbah Basri yang merdeka. Bebas kemana aja, makan apa saja, keluar masuk hutan menjaga hutan. Kebutuhannya? Tidak ada, ya hanya makan dan merokok besok. Tembakau berlimpah, beras ada, lauk dan sayuran seadanya yang ada di kebon.

Lalu yang harus punya TV, harus punya handphone, harus punya motor, harus ini itu tapi usahanya kurang, lalu menggugat kemerdekaan Indonesia? Sejatinya dia memang masih terjajah, belum merdeka. Terjajah dengan pikirannya sendiri, belum merdeka dari dirinya sendiri. Teriak air harus beli tetapi tidak mau nggali sumur dan merebus air, milih beli air kemasan tiap hari. Kerjaan susah tapi malas wirausaha. Lihat orang sukses, nyinyir. Sayuran mahal, halaman luas nggak mau nanam.

Sejak Soekarno-Hatta membaca teks Proklamasi atas nama Bangsa Indonesia pada hari 17 bulan 08 tahun 45, Bangsa Indonesia sudah Merdeka. Titik.

Penjajah di diri sendiri, silahkan diperjuangkan kalau mau merdeka, jangan menggugat kemerdekaan Bangsa Indonesia yang sudah berumur 75 tahun. Jika tidak mau mengakui kemerdekaan Indonesia, ya silahkan pakai semboyan pejuang dulu “Merdeka Atau Mati!”

Saya sih milih Merdeka!

Itu Sudah!

Tulisan ini adalah karya pembelajaran jurnalistik mahasiswa STISIP Widuri atas nama AHMAD FAUZI
Kami sangat terbuka bila ada kekurangan dan koreksi, silahkan di masukan pada kolom komentar.

 

Related posts

Jakarta Salah 1 dari 3 Kota Besar Yang Bikin Stress Berkendara di Dunia

Tim Kontributor

PPKM DKI Turun Ke Level 3, Pemerintah Izinkan Sekolah Tatap Muka Dengan Kapasitas 50%

Tim Kontributor

Suroto Peternak Blitar Nekat Bentangkan Poster hingga Diundang Jokowi

Tim Kontributor

Leave a Comment