Faktual.id
Pendaftaran ampus

5 Tips Memilih Perguruan Tinggi Swasta

Meski masuk PTN menjadi impian sebagian calon mahasiswa, namun daya tampung kampus negeri cukup terbatas. Misalnya saja, untuk SBMPTN hanya sekitar 20 persen yang lolos seleksi.

Namun, jangan dulu patah semangat, sebab kamu masih punya kesempatan untuk kuliah di Perguruan Tinggi Swasta (PTS).

Merangkum Rencanamu. baik PTN dan PTS sama-sama memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Hanya saja, kamu perlu lebih jeli dalam memilih PTS yang berkualitas agar memiliki daya saing tinggi setelah lulus.

Berikut sejumlah tips saat kamu berencana untuk memilih PTS:

1. Akreditasi kampus dan program studi

Sama seperti halnya PTN, setiap PTS dan prodinya juga memiliki akreditasi.

Akreditasi adalah upaya pemerintah untuk menstandarisasi mutu sebuah kampus. Sehingga semakin tinggi akreditasi perguruan tinggi (baik itu PTS atau PTN), maka citra dan lulusannya juga ikut tinggi.

Kebetulan STISIP WIDURI sudah “Akreditasi B” loh

2. Biaya kuliah

Biaya kuliah di PTS bisa jadi relatif lebih tinggi PTN. Namun, bisa jadi biaya itu sesuai dengan fasilitas, metode pembelajaran atau mungkin praktikum-praktikum yang akan kamu dapatkan.

Biaya kuliah dikampus STISIP WIDURI relatif terjangkau untuk kelas reguler pagi sendiri persemester Rp. 3.400.000 dan untuk kuliah kelas sore Rp. 4.000.0000

3. Lokasi kampus

Bila ingin lebih biaya biaya, kamu bisa mencari kampus swasta dengan kualitas baik yang bisa dicapai-pergi dari rumah. Tentu, ini akan menjamin biaya kos dan kebutuhan hidup.

Lokasinya yang berada di pusat Jakarta tepatnya 1 km dari stasiun Palmerah juga membuat lokasi Kampus STISIP WIDURI Jakarta sangat strategis.

4. Wadah pengembangan diri

Masa-masa kuliah tidak hanya untuk mengejar nilai akademis. Kampus yang baik harus menyediakan wadah agar mahasiswanya memiliki keterampilan saat memasuki dunia kerja.

Misalnya, bekerja sama dengan industri dan perusahaan dalam menyediakan kesempatan magang, memiliki Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang mengasah bakat serta prestasi, hingga kegiatan praktikum yang memungkinkan mahasiswa belajar mengaplikasikan teori.

5. Rekomendasi mereka yang pernah kuliah

Pengalaman dari mereka yang benar-benar pernah merasakan bagaimana dinamika perkuliahan di PTS tentu dapat memberikan kamu banyak masukan berharga saat ingin memilih kampus, termasuk memilih jurusan. 

Yuk yang ingin kuliah sambil kerja bisa banget daftar ke https://widuri.ac.id/

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas pembelajaran kelas komunikasi massa dan media baru, ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan” Yuliana Prasiska / MMD6

Related posts

Stisip widuri pilihan kampus terbaik buat kamu

penulis

Mengenal Lebih Dekat STISIP Widuri

Tim Kontributor

Stisip widuri kampus pilihan terbaik

Tim Kontributor

Leave a Comment