Faktual.id
POLITIK Politik Dalam Negri

4 Partai Politik Sah Dukung Ganjar Capres Di 2024

Meningkatnya support buat Ganjar Pranowo maju selaku calon presiden( capres) 2024. Total terdapat 4 partai politik yang mengusung Ganjar.

Tidak hanya PDIP yang ialah rumah untuk Ganjar, tercatat terdapat 3 partai lain yang pula mensupport Ganjar maju capres, ialah PSI, Hanura, serta terkini ini PPP.

PSI merupakan partai awal yang mendeklarasikan Ganjar capres 2024. Sesudah itu, PDIP resmi mensupport Ganjar yang diumumkan langsung oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri, yang setelah itu diiringi oleh Hanura serta PPP.

PSI

Pada Oktober 2022, PSI memutuskan mencalonkan Ganjar Pranowo selaku calon presiden ataupun capres di Pilpres 2024. PSI menyebut keputusan itu bersumber pada hasil polling Rembuk Rakyat yang sudah dicoba semenjak akhir Februari 2022.

” Dari hasil rembuk rakyat itu kami mengumumkan kalau PSI hendak mencalonkan Pak Ganjar Pranowo selaku capres di 2024,” kata Wakil Pimpinan Dewan Pembina PSI Grace Natalie, Senin( 3/ 10/ 2022).

Grace berkata Ganjar unggul dibanding calon lain. Ia memperhitungkan Ganjar mempunyai perilaku kebangsaan yang diperjuangkan PSI.

” Sejak dulu, Mas Ganjar unggul dibanding kandidat yang lain. Untuk PSI Ganjar merupakan calon terbaik sebab mempunyai kebangsaan serta kebinekaan yang sama dengan apa yang sepanjang ini diperjuangkan PSI,” ucapnya.

PSI mengaku tidak mengundang Ganjar Pranowo dikala mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah itu selaku capres. PSI merasa tidak butuh buat berikan ketahui Ganjar. Grace Natalie mangulas soal polling yang diucap PSI selaku bawah membagikan sokongan kepada Ganjar.

” Polling Rembuk Rakyat merupakan survey dari komentar publik. Yang kami tanyai merupakan warga. Ke 9 nama ini kami serap dari warga. Media pula memberitakan terkait program rembuk rakyat. Jadi yang saya maksudkan, di konpres kemarin, ke 9 tokoh mengetahui kalau sedang terdapat polling,” kata Grace, saat dihubungi, Selasa( 4/ 10/ 2022).

PDIP

Pimpinan umum PDIP Megawati Soekarnoputri, kesimpulannya mengumumkan bakal capres dari partainya. Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo selaku capres dari PDIP.

” Hingga pada jam 13. 45 dengan mengucapkan bismillahirrohmanirrohim, menetapkan Saudara Ganjar pranowo, saat ini merupakan Gubernur Jawa Tengah, selaku kader serta petugas partai buat ditingkatkan penugasannya selaku calon Presiden Republik Indonesia dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan,” kata Megawati di Istana Batutulis, Bogor, Jawa Barat, Jumat( 21/ 4).

Megawati didampingi oleh Presiden Jokowi dikala pengumuman Ganjar Pranowo capres PDIP. Tidak hanya itu, terdapat pula Pimpinan DPP PDIP Prananda Prabowo, Pimpinan DPP PDIP Puan Maharani, serta Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Sehabis Megawati mengumumkan Ganjar Pranowo selaku capres, Megawati memakaikan peci gelap Bung Karno kepada Ganjar Pranowo. Bagi Megawati, peci ialah budaya orang Indonesia, bukti diri nasional.

Ganjar Pranowo diberikan peluang bicara usai resmi menjadi capres PDIP. Ganjar Pranowo mengaku menemukan kehormatan ditugaskan selaku capres PDIP.

” Pasti ini merupakan sesuatu keputusan yang diambil pimpinan umum lewat proses yang sangat panjang. Suatu kehormatan buat saya memperoleh tugas ini selaku kader partai, di samping itu pula, tugas ini tidak gampang,” kata Ganjar di Istana Batutulis.

Hanura

Partai Hanura resmi mendukung Ganjar Pranowo buat maju selaku capres di Pilpres 2024. Keputusan Hanura menyusul pengumuman Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri menetapkan Ganjar Pranowo capres 2024 dari PDIP.

” Itu sebabnya tadi malam sehabis Ibu Mega mengumumkan di depan Presiden RI saya percaya seperti itu opsi Pak Jokowi yang saya tunggu- tunggu serta saya turut dan mendukung pak Ganjar Pranowo jadi Presiden Republik Indonesia yang bakal tiba,” kata Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang( OSO) kepada wartawan di kediamannya, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu( 22/ 4).

OSO berkata seluruh DPD Hanura setuju mensupport Ganjar Pranowo. Baginya, Indonesia memerlukan pemimpin yang berpihak kepada rakyat serta wilayah.

“Saya, partai saya, Partai Hanura Republik Indonesia dengan segala perangkatnya, dengan Zoom tadi malam pada jam 5 sore kita memutuskan bersama segala cabang- cabang yang terdapat di Indonesia ini. DPD- DPD di segala Indonesia melaporkan setuju buat mensupport Ganjar Pranowo,” ucap OSO.

” Jakarta bukan salah satunya kaca, Indonesia begitu luas saat ini jadi 38 provinsi, serta bakal hendak tumbuh lagi itu sebabnya kita membutuhkan wujud figur yang betul- betul berpihak kepada wilayah yang berpihak kepada rakyat, dari wilayah buat Indonesia,” tambahnya.

PPP

Terkini, PPP resmi memilih dukungannya buat Pilpres 2024. PPP memilih kader PDIP, Ganjar Pranowo, selaku capres 2024.

Pengumuman Ganjar capres PPP dilangsungkan di lingkungan kediaman Plt Ketum PPP Muhammad Mardiono di Pakem, Sleman, Rabu( 26/ 4/ 2023). Mardiono mengumumkan langsung pencapresan Ganjar.

” Sehabis musyawarah serta dialog mendalam, dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim PPP memutuskan Bapak H Ganjar Pranowo selaku calon presiden RI pada Pemilu Presiden tahun 2024,” kata Mardiono di posisi pengumuman Ganjar Pranowo capres semacam dalam siaran Youtube PPP.

PPP lebih dahulu sudah menuntaskan rangkaian rapat koordinasi pimpinan nasional pada Selasa( 25/ 4). Rakorpim tersebut memanglah memutuskan satu nama capres yang bakal didukung partai berlambang Kakbah tersebut.

” Memanglah dari tahapan itu telah diambil keputusan tetapi nanti pengumuman secara resmi saya hendak komunikasikan terlebih dahulu dengan para pihak terpaut di dalam perpolitikan ini,” kata Mardiono kemarin.

” Sebab itu saya belum mengantarkan figur siapa yang diputuskan oleh rangkaian konstitusi PPP, tetapi insyaallah esok bakal kita umumkan kepada publik,” imbuhnya kala itu.

Disarikan Oleh JMKP

Sumber

Related posts

Pancasila, Inspirasi di Bawah Pohon Sukun

Kontributor

Andai People Power Terjadi, Siap Cium Tangan Amin Rais 4 Kali

Kontributor

Viral Seruan “Kami Muak” untuk Puluhan Baliho Kaesang PSI Yang Dipasang Di Setiap Kecamatan

Tim Kontributor

Leave a Comment