Faktual.id
RAGAM INFO

3 Jurusan Favorit Mahasiswa Dengan Prospek Masa Depan Menjajikan

Berhasil lolos seleksi menjadi mahasiswa salah satu program studi (prodi) favorit di perguruan tinggi negeri (PTN) merupakan suatu hal yang membanggakan. Rasa bangga ini tercipta dari perasaan “menang” setelah berhasil berkompetisi dengan ratusan ribu siswa dari seluruh wilayah di Indonesia. Bagi kamu yang menimba ilmu di perguruan tinggi swasta (PTS) tidak perlu berkecil hati. Sebab, saat ini, banyak PTS yang kualitasnya diakui. Bahkan, banyak PTS memiliki sejumlah prodi favorit yang mampu menawarkan peluang kerja dan usaha menjanjikan. Salah satunya, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI). Sebagai PTS yang telah terakreditasi B secara institusi, BSI menawarkan program perkuliahan yang didukung oleh dosen-dosen profesional dari kalangan akademisi ataupun praktisi. Dengan begitu, program perkuliahan di Universitas BSI menjadi lebih menyenangkan dan menjanjikan.Dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Kamis (16/9/2021), Universitas BSI membeberkan tiga jurusan favorit di kampus ini dengan prospek masa depan yang menjanjikan. Berikut ulasannya.

1. Manajemen

Jurusan manajemen merupakan salah satu prodi yang fokus pada pengkajian tata kelola, perencanaan, dan pengaturan atau manajemen suatu organisasi dan perusahaan. Prodi yang berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas BSI ini juga erat kaitannya dengan sumber daya manusia (SDM), keuangan, serta strategi operasional dan bisnis.

Beragam mata kuliah yang akan ditemui prodi Manajemen pada semester pertama dan kedua di antaranya adalah Pendidikan Agama, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Pengantar Ekonomi, Bisnis, dan Keuangan. Memasuki semester ketiga, mahasiswa akan mulai mempelajari mata kuliah inti, seperti Manajemen Risiko, Manajemen Pemasaran, dan Manajemen Investasi. Setelah lulus dari prodi Manajemen, mahasiswa dapat menggeluti beberapa bidang pekerjaan, seperti business development (BD), human resource department (HRD), marketing, perbankan, operasional logistik, dan management trainee (MT).

2. Sistem Informasi

Prodi Sistem Informasi adalah bidang studi yang menggabungkan ilmu komputer dengan ilmu bisnis dan manajemen. Dengan kata lain, jurusan ini mengintregasikan solusi pemanfaatan teknologi informasi dalam proses bisnis untuk memenuhi kebutuhan informasi. Pasalnya, informasi merupakan faktor penting yang menjadi landasan untuk mengambil berbagai keputusan, baik yang berhubungan dengan produksi, strategi penjualan, maupun hal-hal yang dibutuhkan perusahaan dalam mewujudkan visi.

Jurusan Sistem Informasi dirancang sebagai upaya untuk memenuhi kebutuhan terhadap tenaga-tenaga profesional dalam pemanfaatan, pengelolaan, dan pengembangan sistem informasi dalam suatu organisasi atau perusahaan. Beberapa mata kuliah pada prodi Sistem Informasi di Universitas BSI mengimplementasikan integrasi bisnis dan teknologi secara langsung, seperti e-business, sistem informasi manajemen, serta data warehouse dan business intelligence. Adapun lulusan jurusan Sistem Informasi diharapkan mampu mengimplementasikan ilmu dan keterampilannya pada sejumlah bidang yang linear, misalnya analis sistem, analis programmer, dan database administrator.

3. Ilmu Komunikasi

Prodi Ilmu Komunikasi merupakan bidang studi yang mempelajari mengenai proses komunikasi efektif pada berbagai bidang. Berkembangnya media dan literasi digital menjadikan kajian keilmuan di jurusan Ilmu Komunikasi juga semakin berkembang karena mencakup pembahasan pada ranah digital. Pada Universitas BSI, prodi Ilmu Komunikasi dikembangkan dengan teknologi informasi dan komunikasi, serta mendukung sarana ekonomi kreatif. Hal tersebut berdampak pada kurikulum dan mata kuliah yang diajarkan. Sejak semester pertama, mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas BSI akan bertemu mata kuliah Creative Thinking, Multimedia, Fotografi, dan Pengantar Ilmu Komunikasi.

Pola kurikulum yang diterapkan pada prodi Ilmu Komunikasi Universitas BSI membuat mahasiswa dapat dengan mudah mengidentifikasi kemampuannya sejak awal sampai dengan akhir semester. Hal tersebut disebabkan oleh distribusi mata kuliah pada tiap semester yang cukup spesifik. Selain itu, pada semester kedelapan mahasiswa hanya akan mendapatkan mata kuliah skripsi. Dengan begitu, mahasiswa dapat fokus pada proyek penelitian yang sedang dijalankan. Lulusan prodi Ilmu Komunikasi memiliki prospek kerja yang sangat luas, seperti presenter, wartawan, travel blogger, editor, YouTuber, sutradara, creative director, juru bicara, dan copywriter. Tidak heran jika prodi Ilmu Komunikasi sangat diminati generasi muda masa kini dan selalu menduduki posisi lima besar sebagai jurusan yang paling disukai. Itulah ketiga jurusan di Universitas BSI yang selalu menduduki peringkat teratas dalam berbagai seleksi PTN. Sebagai informasi, Universitas BSI memiliki kurikulum yang up to date dan relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Dengan demikian, lulusan BSI lebih siap untuk terjun ke dunia profesional. Disarikan oleh US sumber

Related posts

Pogba Bertahan Di Manchester United Atau Akan Kembali Ke Juventus

Tim Kontributor

Tina Toon cs Digugat Rp 10,7 Miliar

Tim Kontributor

Tak Seperti Orang Dewasa, Sistem Kekebalan Anak-anak Lebih Kuat Melawan Virus CoronaTak Seperti Orang Dewasa, Sistem Kekebalan Anak-anak Lebih Kuat Melawan Virus Corona

Tim Kontributor

Leave a Comment