Faktual.id
RAGAM INFO

10 Tips Menjalani Awal Masuk Kuliah Untuk Mahasiswa Baru

Awal Masuk Kuliah Untuk Masuk Kuliah – Awal masuk kuliah menandakan bahwa semangat baru juga telah datang. Kamu pun harus mempersiapkan segalanya secara matang agar nantinya tidak ada yang tertinggal. Apalagi jika status kamu masih sebagai mahasiswa baru (maba) tentu akan ada banyak hal baru yang akan kamu temukan di momen ini. Setelah melalui berbagai perjalanan panjang dari mulai daftar ulang, mengikuti ospek, dan lainnya, kini kamu akan memulai babak baru dalam perjalanan kehidupan ini.

Banyak yang bilang bahwa semester pertama adalah langkah awal dari perjuangan panjangmu selama kuliah. Oleh sebab itu, apa yang kamu lakukan di awal masuk kuliah ini tentu sangatlah berdampak pada kuliah kamu sampai empat tahun kedepannya. Agar tidak salah langkah, berikut Mamikos akan berikan tips menjalani awal masuk kuliah untuk mahasiswa baru yang dapat kalian terapkan di semester pertama ini. Apa saja tipsnya? Berikut Mamikos berikan. Awal Masuk Kuliah Untuk Mahasiswa Baru:

1. Kenali dirimu lebih jauh

Di semester pertama adalah waktunya untuk menjelajahi dan menggali lebih dalam makhluk apa sebenarnya kamu ini. Apa passion, kelebihan dan tujuan hidup kamu. Jika kamu saja masih belum bisa mengenal diri sendiri, apalagi orang lain? Dengan mengenal diri sendiri maka kamu pun akan dekat dengan kesuksesan dan akan berkaitan dengan perjuangan hidupmu kedepannya apalagi dalam mencari lowongan kerja Jakarta. Kamu bisa mengikuti serangkaian tes psikologi online gratis yang tersedia di internet jika masih belum bisa mengenal diri kamu sendiri.

Jangan lupa untuk sering berkonsultasi dengan ahli psikologi terutama ahli psiokologi pendidikan di kampusmu. Biasanya di kampus terdapat badan konsultasi mahasiswa yang siap menerima kegalauan dan curhatmu. Nah, manfaatkan itu sebaik mungkin untuk mengenal diri kamu!

2. Ciptakan kebiasaan positif

Sejak hari pertama kamu kuliah, kamu harus bisa menciptakan kebiasaan positif untuk diri kamu sendiri. Ada baiknya mulai membiasakan diri untuk tidak tidur larut malam agar pada pagi hari tubuh terasa fresh dan bisa beraktifitas dengan semangat karena sudah memiliki jam tidur yang cukup. Lalu jangan pernah sepelekan sarapan, karena melalui sarapanlah energi kita di pagi hari terkumpul dan menjadi “penendang” otak untuk mulai bekerja. Pokoknya, biasakanlah menciptakan kegiatan-kegiatan positif yang diulang terus-menerus agar lama-lama menjadi kebiasan yang positif juga.

3. Cek jadwal kuliah dengan teliti

Tentunya bagi kalian para maba, kegiatan akademik masih merupakan prioritas utama, kan? Maka dari itu pasti kalian nggak mau dong kalo baru hari pertama aja sudah telat masuk kelas, salah masuk kelas, atau bahkan skip kelas. Nah, kalau ingin terhindar dari hal-hal itu, alangkah lebih baik kalau kamu selalu mengecek jadwal kuliah sejak malam sebelumnya. Jangan sampai nama kamu jadi jelek di depan dosen, ya!

4. Rajin masuk kelas

Kelihatannya sederhana, tapi ini cukup jadi masalah bagi sebagian orang. Masuk perkuliahan, kamu sudah mulai bebas dengan gaya belajarmu tanpa pengawasan ortu yang ketat. Iman kamu bakal tergoda untuk bolos kelas. Kalau di semester awal saja sudah sering bolos, apalagi di semester akhir besok.

5. Kenali lingkungan kampus

empat makan, tempat nongkrong, tempat print dan fotocopy, dan berbagai tempat lainnya mesti kamu ketahui, nih. Mumpung masih awal kuliah, kegiatan perkuliahan pasti belum padat. Nah, waktu luang ini bisa kamu manfaatin untuk mengenali lingkungan di sekitar kampusmu. Kedepannya dijamin bakal banyak membantu kamu untuk kebutuhan selama di kampus, jadi kamu nggak akan buang-buang waktu lagi untuk mencari tempat yang mau dituju. Apalagi jika kamu jadi langganan dan kenal sama yang punya, siapa tau dapat diskon, kan?

6. Memilih pergaulan

Tak bisa dipungkiri bahwa dunia perkuliahan akan membuka mata kamu akan lingkungan masyarakat luas. Kamu akan bertemu dengan berbagai macam tipe orang dengan sifat dan perilaku yang berbeda. Maka dari itu, awal pendewasaan diri akan dimulai di sini. Tentu tidak ada salahnya untuk mengenal dan sekedar berteman dengan siapa saja, namun teman pergaulanlah yang harus kamu pilih. Jika kamu pandai memilih teman pergaulan, maka kehidupan perkuliahanmu akan berjalan seru. Jangan sampai terjerumus ke hal-hal yang nantinya justru akan merugikan kamu, ya!

7. Bergabung dengan komunitas atau organisasi

Ya, tahun pertamamu adalah momentum untuk eksplorasi. Banyak organisasi dan komunitas yang mulai open recruitment. Biasanya mereka baru buka lagi setahun lagi, Jangan sampai menyesal karena tidak memanfaatkan waktu pendaftaran ini ya! Karena dengan bergabung dengan organisasi atau komunitas akan membuat waktu luang kamu menjadi bermakna, dan kamu pun akan terbebas dari cap mahasiswa yang kerjaannya kuliah pulang saja.

8. Mulailah mencari mentor

Ketika masih duduk di bangku sekolah, mungkin kamu belum terlalu menganggap penting hal yang satu ini. Namun, ketika kamu sudah masuk dalam jenjang kuliah tentu kamu sangat membutuhkan seseorang atau lebih yang kamu anggap sebagai role model kehidupan kamu. Biasanya sosok role model ini akan sangat inspiratif dan penuh pengalaman sehingga bisa memberikan arahan dan nasehat untuk kamu. Mencari role model tidaklah susah, kamu bisa memulai dengan orang sekitar seperti senior, dosen, pejabat, kenalan di organisasi, atau teman seangkatan sekalipun.

Karena di jenjang kuliah, kamu akan bertemu banyak orang hebat. So, manfaatkan kesempatan ini dan jadilakanlah mereka mentor agar kamu tidak tersesat mengejar kesuksesanmu,

9. Mulai merumuskan rencana jangka panjang

Tak sedikit dari kalian yang selalu menanyakan, besok setelah lulus kuliah mau ngapain? Memang mungkin agak sulit menjawab pertanyaan yang satu ini mengingat kamu pun masih duduk di bangku kuliah semester pertama. Namun, bukan berarti kamu harus mengabaikan pertanyaan yang satu ini ya! Kamu harus tetap memiliki tujuan jangka panjang meskipun masih fleksibel, ini sebagai standing point kesuksesan kamu kelak.

Jangan sampai menyesal karena terlambat mempersiapkannya. Oleh sebab itu, carilah informasi terkait kampus atau perusahaan yang membuka lowongan kerjatujuan kamu setelah lulus nantinya. Jangan lupa juga untuk mempersiapkan timeline persemester mau ngapain aja dari sekarang, persiapkan dari sekarang yaa!

10. Mintalah restu dari orangtua

Yang terakhir ini klise, sih. Hmm, tapi yang namanya restu orangtua emang pelancar untuk jalan kamu kedepannya, apalagi dari ibu. Usahakan selalu memberi kabar dan berkontak dengan orangtua kamu, apalagi bagi kalian para perantau. Jangan cuma kontak jika uang bulanan habis, ya. Intinya, dengan doa dari orangtua dan doa kamu sendiri pasti kehidupan perkuliahan kamu, baik dari sisi akademis maupun pergaulan akan berjalan dengan baik.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu terapkan ketika memasuki awal masuk kuliah bagi mahasiswa baru. Ingat, dunia perkuliahan memang cukup seru namun kamu pun dituntut untuk bertanggungjawab dengan diri masing-masing. Selama kamu masih melakukan hal-hal positif sebagai mahasiswa dan menjadi mahasiswa aktif, gelar sarjana akan kamu dapat tidak dalam waktu lama. Selamat mengarungi semester awal!

disarikan oleh US sumber

Related posts

MyHeritage, Aplikasi Edit Foto Nostalgia Seolah Hidup Kembali

Tim Kontributor

Apakah Hobi Yang Kita Gemari Dapat Memberikan Keuntungan?

Tim Kontributor

Siapa Bilang Jakarta Hanya Ada Mall dan Gedung Pecakar Langit? Yuk, Telusuri Beberapa Tempat Wisata Di Jakarta

Tim Kontributor

Leave a Comment