Faktual.id
RAGAM INFO

Singapura-Malaysia Masuk Kategori Level 4,RI di Level 1

Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) merilis daftar negara di seluruh dunia dengan level penularan COVID-19. Daftar negara beserta level penularan COVID-19 ini menjadi rujukan bagi warga negara AS yang akan bepergian.
Dikutip dari laman resmi CDC, ada lima level penularan COVID-19. Mulai dari level tidak diketahui (Level Unknown), Level 1 (rendah), Level 2 (sedang), Level 3 (tinggi), Level 4 (sangat tinggi).

Di wilayah Asia Tenggara, per Selasa (23/11/2021), Singapura dan Malaysia masuk ke kategori level 4 atau wilayah dengan penularan COVID-19 yang tinggi. Beberapa negara lain yang masuk ke level 4 antara lain Jerman dan Denmark.

Sementara itu Indonesia masih ‘anteng’ di level 1 berdasarkan penilaian CDC. Selain Indonesia, negara lain yang berada di level yang sama di antaranya China, Hong Kong, India, dan Jepang.

Level 1 memiliki arti bahwa negara tersebut telah berada di posisi rendah untuk penularan COVID-19. Dengan begitu, warga AS sudah bisa bepergian ke Indonesia, tapi tetap menerapkan protokol kesehatan dengan baik dan sudah divaksinasi lengkap.

“Wisatawan harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan di Indonesia, termasuk mengenakan masker dan menjaga jarak 2 meter (6 kaki) dari orang lain,” tulis CDC.

Level 4: Penularan COVID-19 sangat tinggi
Disarankan menghindari perjalanan ke wilayah ini.
Level 3: Penularan COVID-19 tinggi
Pastikan Anda sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian.
Pelancong yang tidak divaksinasi harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke tujuan ini.
Level 2: Penularan COVID-19 sedang
Pastikan Anda divaksinasi lengkap sebelum bepergian.
Pelancong yang tidak divaksinasi yang berisiko tinggi terkena penyakit parah akibat COVID-19 harus menghindari perjalanan yang tidak penting ke tujuan ini.
Level 1: Penularan COVID-19 rendah
Dinyatakan aman bepergian. Pastikan sudah divaksinasi lengkap sebelum bepergian ke destinasi ini.
Level unknown: Penularan COVID-19 tidak diketahui

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

Benarkah Pria Bersuara Berat Lebih Rentan Selingkuh ?

Tim Kontributor

Dony Maryadi Oekon Menjadi Pimpinan Komisi VII DPR

Tim Kontributor

Mengulas Tren Pengguna Tinder Sepanjang 2020

Tim Kontributor

Leave a Comment