Faktual.id
gaya hidup Kesehatan Sosial

Self Awareness Masyarakat Di Masa Pandemi

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara demokrasi yang pada dasarnya negara demokrasi adalah negara yang mendukung penuh opini dari warga negaranya. Pada masa ini demokrasi seakan akan sudah tidak berlaku lagi maknanya, opini warga negara terkadang tidak didengar oleh para pemerintah.

Opini itu sendiri menurut saya pribadi adalah sebuah tindakan berpendapat mengenai sebuah persoalan atau kerjadian yang sedang terjadi maupun yang telah terjadi. Perbedaan opini dari satu orang dengan orang lainnya merupakan hal yang biasa karena hal tersebut di dasari oleh pola pikir serta pengetahuan orang yang beragam.

Seperti yang kita lihat pada kenyataannya sekarang di masa pandemi ini kita pasti menyadari banyak sekali opini masyarakat yang terdengar. Topik ini merupakan topik terhangat di dunia yang sampai saat ini pun masih menjadi top topik di seluruh platform media. Tidak pernah hilang dari sorotan media Covid-19 menjadi perbincangan di media, beragam pendapat yang keluar dari para petinggi hingga warganya sendiri, banyak yanag pro dan banyak juga yang kontra.

Kita telah sadari bersama bahwa Covid-19 adalah masalah bersama yang harus dihadapi bersama. Masalah ini tidak bisa diselesaikan sendiri, masalah ini membutuhkan kesadaran diri masing masing dari masyarakat untuk menjaga kesehatan diri dan orang lain. Kesadaran diri masyarkat Indonesia memang belum terlalu terbentuk, ada beberapa orang yang menyadari apa yang harus dia lakukan tetapi tidak sedikit juga orang yang masih egois hanya mementingkan dirinya sendiri. Dimulai dari perkara membuang sampah sembarangan, masyarakat Indonesia menganggap membuang sampah sembarangan merupakan hal kecil yang tidak perlu di perluaskan. Seperti yang kita ketahui masyarakat Indonesia menganggap membuang sampah sembarangan merupakan masalah kecil, pada faktanya jika hal tersebut di ulang dalam kurun waktu yang lama, akan mengakibatkan masalah yang besar juga seperti contohnya banjir, yang sampai sekarang belum ditemukan solusinya untuk masalah itu.

Jadi sebaiknya kita mengasah kesadaran diri kita dari hal hal yang kecil seperti membuang sampah agar jika kita menemukan masalah besar seperti pandemi ini kita tau apa yang kita lakukan dan membuat setiap orang aman dan nyaman dalam masalah besar yang sedang dihadapi. Semoga masyarakat Indonesia bisa belajar dari masalah yang kecil yang hanya membutuhkan kesadaran diri sendiri untuk menyelesaikannya supaya ketika kita menemukan masalah bersama yang besar ini, kita bisa selesaikan bersama juga tentunya dengan kesadaran diri masing masing lagi. Stay Safe and Stay Healthy.

“ Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Manajemen Media Digital. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon di maafkan” Antonius Ananda /MMD4

Related posts

KEMBALINYA DEMOSTRAN MAHASISWA TOLAK OMNIBUSLAW

Tim Kontributor

Ada 44 Ribu Keluarga di Surabaya menikmati Beras Medium Bantuan dari Kemensos (kementrian sosial)

Tim Kontributor

Kembali Terapkan PSBB Transisi, Ini Aturan Untuk Berkendara di Jakarta

Tim Kontributor

Leave a Comment