Faktual.id
RAGAM INFO Traveling

Punthuk Setumbu, Upaya Pejalan Menikmati Borobudur Berselimut Kabut

Terbangun dari mimpi malam, alarm jam ponsel berdering keras. Tepat pukul tiga pagi. Cukup cuci muka, karena pagi itu masih dingin. Kuurungkan niatku untuk mandi. Bangun sepagi ini untuk mengejar matahari menampakkan pesona paginya di tengah gunung Merapi dan gunung Merbabu. Mata masih pedas untuk menatap jalan ke depan. Dengan bantuan map yang terpasang di mobil kami pun melaju. Dari Yogyakarta menuju Magelang melalui jalan Magelang kemudian melewati Munthilan.

Berburu matahari terbit, seperti pagi lalu di Prambanan. Kali ini yang akan menjadi suguhan pagi kami adalh pesona Borobudur yang berselimut kabut. Perjalanan ditempuh kurang lebih satu jam dari Yogyakarta. Bukit ini terkenal dengan nama Punthuk Setumbu. Alamat lengkapnya ada di Dusun Kerahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Magelang, Jawa Tengah.

Jam sudah menunjukkan pukul empat. Berbekal maps di mobil kami sampai di lokasi. Dengan membayar retribusi 15.000,- untuk wisatawan lokal dan 30.000,- untuk wisatawan mancanegara kita bisa menikmati adegan matahari terbit di bukit Punthuk Setumbu. Waktu yang tepat untuk mengujunginya yakni diantara bulan Juni hingga Agustus, karena dibulan ini merupakan musim kemarau. Di musim hujan kita tak bisa menikmati pesona sunrise secara utuh, kadang mendung menutupi langit.

Dari pintu masuk naik keatas bukit sekitar 300 meteran. Tenang, jalan sudah di semen dan kanan-kiri dilengkapi pegangan. Lampu di jalur menuju bukit pun juga selalu menyala. Warga yang membuka warung di sekitaran pun selalu menawari kopi ataupun souvenir secara ramah. Terdapat saung juga jika merasa lelah untuk melanjutkan trekking naik ke bukit.

sumber

Related posts

Marwa Elselehdar Kapten Cantik Difitnah sebagai Penyebab Terblokirnya Terusan Suez

Tim Kontributor

PEREMPUAN PENIKMAT KOPI

Tim Kontributor

Anak Perempuan Yang Diasuh oleh Ayahnya

penulis

Leave a Comment