Faktual.id
KOMUNIKASI

Peran Komunikasi Sangat Penting Bagi Mahasiswa

Tidak masalah apakah itu pasangan, orang tua, anak ,ataupun sahabat, komunikasi sangat penting dalam setiap hubungan. Komunikasi merupakan unsur yang mebuat seseorang akan merasa hidup dan dapat berintearasi dengan orang sekitarnya dan dengan hal itu pula meyakinkan kembali ketetapan bahwa manusia merupakan makhluk sosial yang tidak bisa hidup sendiri. Tentunya dalam hal ini komunikasi memungkinkan kita untuk menjelaskan apa yang kita alami begitupun kebutuhan kita dengan orang lain. Peran komunikasi merupakan salah satu hal utama yang harus diperhatikan dalam sektor apapun, contohnya dalam sektor bisnis, keterampilan dalam komunikasi sangat dihargai banyak orang terutama para-para pemimpin.

Dalam banyak kasus kerusakan suatu hubungan dapat disebabkan dan diawali dari komunikasi yang kurang baik, sering kita dengar juga masalah misscommunication. Terlihat sepele, namun hal ini dapat berakibat fatal dan dapat menimbulkan masalah-masalah setelahnya. Kata-kata yang kita ucapkan dalam komunikasi itu penting namun jangan pula meremhkan komunkasi non verbal, seperti gerak-gerak tubuh dan ekspresi dalam kehidupan baik sosial dan bisnis ydalam melakukan penymapaian pesan kepada orang lain. Berjabat tangan, kontak mata dan sentuhan membantu dan memperkuat untuk menyampaikan perasaan dalam pesan tersebut. Bahkan, terdapat sebuah riset yang menunjukkan bahwa komunikasi non-verbal lebih efektif dari pada komunikasi verbal.

Bagi seorang mahasiswa seperti saya, komunikasi sangat berperan penting baik dalam hal akademis apalagi dalam hal sebagai aktivis kampus. Dalam hal akademis, komunikasi yang lebih ditekankan ialah bagaimana kita memahami dan mencerna sebuah pesan yang kita terima dengan efektif dan bagaimana kita memanfaatkan pesan yang telah kita terima. Untuk seorang aktivis, komunikasi berperan menyeluruh terlebih lagi mereka yang berorganisasi didalam dan diluar kampus. Mereka akan langsung berinteraksi dengan banyak orang dimana mereka menemui berbgagai macam individu dengan sifat dan gaya komunikasi yang berbeda-beda.

“Tulisan ini adalah bagian dari tugas dan pembelajaran kelas Komunikasi Massa Dan Media Baru. Apabila ada kesalahan atau kekurangan mohon dimaafkan”

M Rizchal F KMMB 12

Related posts

kita ngobrol gini juga komunikasi? kok ada jurusannya sih? berikut penjelasannya

penulis

Peranan Media Komunikasi Bagi Mahasiswa

Tim Kontributor

Ayo Kuliah Di Stisip Widuri

penulis

Leave a Comment