Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Mahasiswa Berpolitik di Kampus, boleh?

Politik adalah proses pembentukan dan pembagian kekuasaan dalam masyarakat yang antara lain berwujud proses pembuatan keputusan, khususnya dalam negara. Lantas, bolehkah kita berpolitik di kampus?

Jika kita baca dari Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi atau sering disebut Menristekdikti: kampus tidak boleh untuk berpolitik praktis. Menurut Mohamad Nasir kampus merupakan tempat pengembangan wilayah akademik bukan untuk arena politik.

Berarti secara garis besar, kampusnya tidak boleh berpolitik. Bagaimana jika mahasiswa yang berpolitik dengan cara memihak salah satu partai ataupun seseorang yang ingin mencalonkan diri sebagai Presiden?  Menurut saya, secara personal ataupun menjadi pembahasan antar mahasiswa/I sah-sah saja. Tapi tidak untuk menjadi fanatik dan mempengaruhi mahasiswa lain disekitarnya.

Dengan inginnya mahasiswa/I ikut menjatuhkan pilihannya terhadap calon ataupun partai yang akan dipilihnya, itu berarti sedikit banyaknya dia telah mempelajari politik yang ada di negeri ini. Dan ini akan membuat suasana di kampus terlihat lebih seru dan hangat untuk membahas politik.

 

Penulis: Willy Fahrezi J Tobing, Mahasiswa STISIP WIDURI

 

Related posts

STISIP Widuri Melarang Para Mahasiswa Untuk Turun Unjuk Rasa Pada Penolakan UU Cipta Kerja

penulis

Peran Mahasiswa Dalam Situasi Politik Saat Ini Khususnya Di Indonesia

Tim Kontributor

Melihat Kembali Terciptanya Ruu Omnibus Law pada Saat Virus Covid-19 Menyerang

Tim Kontributor

Leave a Comment