Faktual.id
RAGAM INFO

Kemhan Jawab Kekhawatiran Anggota Komcad Terlatih Bisa Jadi Preman

Komponen Cadangan atau Komcad RI angkatan pertama resmi ditetapkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto. Di situs resmi mereka, Kementerian Pertahanan membuat FAQ atau pertanyaan umum tentang Komcad.
Salah satu pertanyaan di situs Kemhan yang telah dijawab yakni kekhawatiran soal anggota Komcad. Ada kekhawatiran anggota Komcad yang terlatih bisa menjadi preman dan ancaman untuk masyarakat umum. Kemhan meredam kecemasan ini.

“Anggota Komcad ketika tidak dimobilisasi atau tidak bertugas terikat dengan aturan hukum positif yang berlaku, seperti layaknya masyarakat sipil lainnya,” kata Kemhan dalam situs mereka seperti dikutip, Jumat (8/10/2021).

Kemhan menyebut kekhawatiran masyarakat soal anggota Komcad bisa jadi preman dimaklumi, namun Kemhan menegaskan anggota Komcad yang terpilih sudah melewati tahapan seleksi ketat. Seluruh langkah pencegahan sedari dini diterapkan Kemhan demi menghindari hal-hal yang tak diinginkan.

“Kekhawatiran masyarakat umum terkait hal tersebut bisa dimaklumi, namun TNI Sejak awal melakukan proses rekruitmen secara ketat, dimulai dari test psikologi, profiling dll selain itu, pengawasan yang ketat pula ketika mereka sudah menjadi anggota Komcad. Jadi, semua langkah mitigasi dilakukan secara maksimal,” ujar Kemhan.

Presiden Joko Widodo resmi menetapkan Komponen Cadangan Tahun 2021. Jokowi meminta Komponen Cadangan (Komcad) tidak digunakan untuk kepentingan lain kecuali berkaitan dengan pertahanan negara.

“Kedaulatan negara keutuhan wilayah NKRI, keselamatan bangsa dan rakyat Indonesia, adalah segala-galanya. TNI sebagai komponen utama selalu siaga, tetapi perlu didukung oleh Komponen Cadangan dan komponen pendukung. Itulah sistem pertahanan kita yang bersifat semesta, sistem pertahanan keamanan rakyat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah, dan sumber daya nasional lainnya,” kata Jokowi.

Jokowi mengatakan setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya bela negara dan usaha pertahanan negara. Dia juga mengapresiasi seluruh anggota Komponen Cadangan yang hari ini ditetapkan karena secara sukarela mendaftar sebagai Komponen Cadangan atau Komcad.

Jokowi juga mengatakan masa aktif Komponen Cadangan itu tidak setiap hari dan setiap saat. Jokowi menyebut setelah penetapan hari ini, anggota Komponen Cadangan kembali ke profesi masing-masing.

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

SIMAKSI GUNUNG RINJANI YANG MENGHAMBAT MEMECAHKAN CELENGAN RINDU

Tim Kontributor

Penyekatan Bertambah, Simpang Fatmawati & Antasari Ditutup Jam 06.00-10.00

Tim Kontributor

Teknik Cara Menanam Cabai Rawit

Tim Kontributor

Leave a Comment