Faktual.id
RAGAM INFO

Ini Kondisi Lahan Sampah di Pondok Betung Tangsel yang Dikeluhkan Warga

Kepulan asap sampah muncul dari lahan terbuka di Pondok Betung, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Lahan terbuka dekat permukiman penduduk itu menjadi tempat pembuangan dan pembakaran sampah.

Lahan terbuka tersebut tepatnya di Gang Sawo, RT 014 RW 11, Kelurahan Pondok Betung, Kecamatan Pondok Aren, Tangerang Selatan. Lokasi lahan terbuka itu berada agak tersembunyi di ujung tikungan gang.

Pantauan detikcom pada Senin (20/9/2021) di lokasi, tampak titik-titik pembakaran di tengah tumpukan sampah. Abu sisa-sisa pembakaran sampah telah menggunung.

Sebelum siang, asap pembakaran sampah sudah bisa membuat orang yang berdiri di dekatnya tidak nyaman. Bahkan bau asap masih tercium dari kawasan permukiman warga. Asap abu-abu membumbung tinggi dari lahan sampah itu.

Enam pemulung di lokasi tampak sedang sibuk memilah dan memindahkan sampah antara yang hendak dibakar dan dijual.

Sampah yang ada di sini terdiri atas pelbagai jenis. Ada sampah kemasan makanan, sampah plastik, dan aneka sampah rumah tangga.

Di lokasi ini, ada lapak pemulung. Terlihat, lahan terbuka yang menjadi tempat pembuangan dan pembakaran sampah itu bersebelahan dengan rumah-rumah warga sekitar, ada permukiman warga kampung dan ada pula perumahan.

Asap pembakaran sampah tersebut membuat warga resah. Tak hanya asap, air juga ikut tercemar. Hal ini dikeluhkan oleh salah satu warga sekitar lahan pembuangan sampah itu.

“Ini adalah lingkungan permukiman, tolong jangan ada pembuangan sampah di sini. Air tanah sudah jelek di sini. Soalnya itu (sampah yang dibuang) sudah luas,” kata warga yang meminta untuk tidak disebutkan namanya.

Dia berharap solusi dari pemerintah. Dia ingin lingkungan permukiman warga di lokasi bisa lebih sehat dan tidak dicemari asap sampah serta limbah yang mencemari air.

SUMBER

Related posts

Ramalan Mbak You tentang 2021

Tim Kontributor

Orang Thailand Ciptakan Mesin untuk Kebut Lebih Banyak Dosis Vaksin

Tim Kontributor

Upacara Ngaben Bali

penulis

Leave a Comment