Faktual.id
Komunikasi Politik POLITIK

Ini Dia 4 Partai Yang Mengalami Penurunan Menurut Litbang Kompas

Survei Litbang Kompas Desember 2023 menunjukkan elektabilitas sebagian partai politik (parpol) mengalami penurunan dibandingkan survei serupa empat bulan lalu atau Agustus 2023 .

Kutipan dari Harian Kompas yang dipublikasikan pada Selasa (12/12/2023), meski sedikit menurun, perolehan suara Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) berada di peringkat ke-4 dengan perolehan 7,4%.

Sementara, pada survei Agustus 2023, parpol yang dipimpin oleh Muhaimin Iskandar itu memperoleh elektabilitas 7,6 persen.

Partai Nasdem juga mengalami penurunan. Pada Agustus partai yang didirikan Surya Paloh itu mencatatkan elektabilitas 5,9 persen.

Pada survei kali ini, elektabilitas Partai Nasdem turun 1 persen atau 4,9 persen.

Partai ini berada di urutan kelima.  Peringkat keenam ditempati oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan raihan 4,5 persen.

Padahal, pada Agustus kemarin, PKS masih memiliki elektabilitas sebesar 6,3 persen. Penurunan elektabilitas yang relatif signifikan dialami Partai Demokrat.

Tingkat keterpilihan Partai pemenang Pemilu 2009 menurun hingga 2,5 persen.   Pada survei kali ini, Partai Demokrat meraih 4,5 persen. Pada Agustus 2023, elektabilitas Demokrat sebesar 7 persen.

Adapun peringkat tiga teratas elektabiltas parpol diduduki oleh Partai Gerindra (21,9 persen), PDI-P (18,3 persen), dan Partai Golkar (8 persen).

Diketahui survei Litbang Kompas dibiayai secara mandiri oleh Harian Kompas dan berlangsung 29 November – 4 Desember 2023.

Sebanyak 1.364 responden dipilih secara acak menggunakan metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi.

Dengan metode tersebut, survei memiliki tingkat kepercayaan 95 persen dengan margin of error di kurang lebih 2,65 persen dalam kondisi penarikan sampel acak sederhana.

Disarikan Oleh ARS

Sumber

Related posts

Selamat Datang Orde Baru, Polisi Diduga Intimidasi Pentas Teater Butet Kartaredjasa

Tim Kontributor

Ini Dia Bocoran Dugaan Rekaman Pejabat Batubara Dukung 02, Polri Masih Netral?

Tim Kontributor

Nasdem Singgung Demokrat Usai Desak Anies Umumkan Bacawapres Segera Mungkin.

Tim Kontributor

Leave a Comment