Faktual.id
RAGAM INFO

Impian Mahasiswi Semester 5

Wartawan sendiri adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dikirimkan atau dimulai di media massa secara teratur. Wartawan juga bisa dibilang sebagai orang yang bekerja mencari, mengumpulkan, memilih, mengolah berita dan menyajikan secepatnya kepada masyarakat luas melalui media massa, baik cetak ataupun elektronik. Faeri Aulia adalah seorang mahasiswi semester 6 di salah satu Kampus Swasta di Jakarta. Jika ia menjadi wartawan, dengan pengalaman ia yang kurang ia akan berusaha untuk belajar lebih keras lagi agar pantas menjadi wartawan yang sebenarnya. Meski kurang pengalaman ia akan mencari pengalaman itu sendiri. Ia akan berkembang dengan kemampuannya sendiri. Ia akan menjadi wartawan yang ramah dan murah senyum, ia akan berbicara dengan lancar tanpa terbata-bata dan merasa grogi. Ia ingin berkeliling dunia untuk mencari informasi yang menarik dari masing-masing Negara yang ingin ia kunjungi. Agar mendapatkan pengetahuan yang baru. Ia juga akan memperbanyak rekan narasumber agar berita yang ia sajikan menjadi lebih lengkap dan tidak dipertanyakan lagi keberannya karena sumber yang ia dapatkan berdasarkan narasumber langsung yang tinggal di Negara tersebut. Jika ia menjadi wartawan ia tidak akan bermalas-malasan lagi untuk mencari ada berita apa hari ini. Faeriakan berkeliling keluar untuk mencari kejadian yang akan bisa menjadi berita yang akurat. Iaakan menjadi pribadi yang akan selalu bertanya akan sesuatu hal yang menurutnya itu bisa menjadi berita yang menarik nantinya.

Kemudian, ia akan mempunyai blog sendiri yang isinya adalah semua perjalanannya selama menjadi wartawan. Dari awal bagaimana usaha dan jerih payahnya akan di tuliskan semua ke dalam blog, kemudian ia juga akan memberi pengalamannya tentang menjadi wartawan. Faeri sangat ingin mempunyai blog yang isinya adalah tentang travelling setelah ditugaskan menjadi wartawan. Menurutnya menjadi wartawan ketika travelling adalah kesenangan tersendiri, karena sudah pasti di satu Negara mempunyai banyak sekali keunikan dan informasi yang tidak kita tahu sebelumnya. Maka dari itu ia ingin menjadi orang pertama yang mengetahui keunikan dan informasi tersebut. Selain itu jika sedang tidak bertugas menjadi wartawan ia bisa menyempatkan untuk berpergian dan berfoto di Negara tersebut, mengasyikan bukan? Pekerjaan yang akan membahagiakan.

Selain itu, karena ia hobby menulis jadi ia tidak kesulitan jika harus membuat blog sepanjang apapun. Asal bahasa yang gunakannya tidak membuat kalian bosan dan monoton. Bukan hanya informasi, ia juga akan menanyakan kepada mereka tentang tempat dan makanan yang paling terkenal dan unik di Negara mereka masing-masing begitupun sebaliknya, ia akan memberi informasi tentang Indonesia agar mereka bisa mengunjungi tempat tersebut jika berkunjung ke Indonesia. Selain luar negeri, tentu saja ia juga tertarik menjadi wartawan di luar kota. Faeri selalu penasaran akan budaya dari masing-masing daerah mereka, dengan begitu kita bisa saling menghormati satu dengan yang lainnya. Menurutnya menjadi wartawan adalah sesuatu yang membanggakan, selain menjadi saksi pertama dalam penyampaian informasi kami juga jadi mempunyai teman di berbagai daerah juga teman sesama wartawan di redaksi lain. Namun, hal yang ia tidak suka jika menjadi wartawan adalah ketika kami sebagai wartawan harus berdesak-desakkan dengan wartawan lain agar mendapatkan informasi dan berita dari narasumbernya langsung. Itu akan memakan waktu yang panjang dan perlu pengorbanan yang besar, karena badan menjadi taruhannya. Sangat beresiko. Maka dari itu ia harus mempunyai strategi agar bisa mendapatkan informasi dan berita tersebut tanpa harus mempertaruhkan badannya sendiri.

 

Penulis: Firly Maulida Aulia. mahasiswa STISIP Widuri

Related posts

Jokowi Minta Vaksin Jangan Distok, Segera Kirim dan Habiskan!

Tim Kontributor

30 Oktober Hari Bersejarah Kemerdekaan Ekonomi Indonesia

Tim Kontributor

Tina Toon cs Digugat Rp 10,7 Miliar

Tim Kontributor

Leave a Comment