Faktual.id
RAGAM INFO

751 Dokter Meninggal Dunia Imbas COVID-19

Satgas COVID-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menyorot jumlah dokter yang meninggal dunia imbas pandemi COVID-19. Terhitung sejak awal masuknya virus Corona di Indonesia pada 2020, IDI mencatat sebanyak 751 dokter di Indonesia meninggal dunia akibat COVID-19.
Ketua Satgas COVID-19 IDI, Prof Zubairi Djoerban, menjabarkan jumlah dokter meninggal dunia akibat COVID-19 dari tahun ke tahun. Mengingat, sudah dua tahun Indonesia diterpa virus Corona.

“Profesi kedokteran ini memang akrab dengan berbagai risiko termasuk risiko tertular virus Corona. Almarhum dan almarhumah menimbang pilihan-pilihan tersebut, berikut plus-minusnya. Namun pahlawan-pahlawan memilih terus melanjutkan profesi dokter, menyehatkan masyarakat, mengobati pasien-pasien termasuk pasien virus Corona ,” ujarnya dalam acara pembukaan Monumen Pengabdian Dokter Indonesia di Jakarta Pusat, Kamis (17/3/2022).

“Data jumlah kematian dokter di Indonesia ada 751 dokter. Secara rincian 2020 ada 250 dokter meninggal, 2021 ada 495 dokter meninggal, dan 2022 ini ada 4 orang dokter meninggal, terbanyak di Jawa Timur, disusul Jawa Barat, Jawa Tengah, dan DKI Jakarta,” imbuh Prof Zubairi.

Prof Zubairi menyinggung lonjakan kasus COVID-19 pada pertengahan 2021 imbas varian Delta. Kala itu, para dokter harus mengahadapi lonjakan jumlah pasien COVID-19 di rumah sakit, disertai tingginya kebutuhan akan pelayanan ICU hingga suplementasi oksigen.

“Bayangkan pada waktu puncak gelombang ketiga Juli-Agustus tahun lalu ambulans memerlukan waktu 55 menit ke tempat Anda, bukan 8 menit seperti seharusnya karena banyak kasus waktu itu,” beber Prof Zubairi.

Disarikan oleh P.

SUMBER

Related posts

Menjelang Libur Natal dan Tahun Baru 2022, Pemesanan Kamar Hotel Sudah Mulai Ada

Tim Kontributor

5 Tips Berwisata pada Musim Hujan agar Tetap Aman

Tim Kontributor

Music Video yang Paling Banyak Ditonton di YouTube Sepanjang Sejarah

Tim Kontributor

Leave a Comment