Faktual.id
RAGAM INFO

7 Rekomendasi Situs Jurnal terbaik untuk mahasiswa

Sebagai seorang mahasiswa, membuat tugas atau karya ilmiah tentu sudah biasa dilakukan. Dalam membuat karya ilmiah, selain mengandalkan perpustakaan, terkadang kita juga membutuhkan referensi lain di internet. Namun saat mengambil referensi dari jurnal lain, terutama jurnal internasional, kita tidak boleh mengambil dari sembarang sumber. Melansir laman Institut Teknologi Batam (iteba.ac.id), untuk mendapatkan referensi atau tambahan materi, biasanya mahasiswa menggunakan jurnal-jurnal mutakhir. Belakangan ini, jurnal internasional sering kali dijadikan acuan. Jika dibandingkan dengan penulisan ilmiah akademik lainnya, seperti skripsi, kedudukan jurnal lebih bergengsi. Jurnal kini lebih banyak digunakan sebagai tulisan ilmiah oleh para dosen dan peneliti. Bahkan para dosen pun kini juga menganjurkan mahasiswanya untuk mencari referensi di jurnal Internasional. Ada beberapa rekomendasi situs jurnal Internasional terbaik yang bisa kalian akses untuk mencari referensi jurnal.

  1. Microsoft Academic Microsoft Academic menyediakan referensi jurnal ilmiah dengan dua bahasa. Yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris. Kalian dapat mengakses situs ini dan mengetik kata kunci yang ingin kamu cari. Sistem pencarian dalam situs ini juga dapat melakukan filter sesuai dengan keinginan kalian. Misalnya, kalian mencari jurnal berdasarkan penulis, bisa klik “author” dan “date range” untuk menyaring tahun terbit jurnal.
  2. Directory of Open Access Journals (DOAJ) Directory of Open Access Journals (DOAJ) adalah situs yang berisi direktori jurnal dan artikel ilmiah dengan akses terbuka atau dengan kata lain, open access. Situs ini dirilis pada tahun 2003. Sejak situs dirilis, telah tersedia 11.000 jurnal dari 127 negara. Tak hanya itu, lebih dari 4 juta artikel pun telah tersimpan dalam situs ini.
  3. ResearchGate Situs ResearchGate adalah platform media sosial khusus untuk para peneliti. Dalam situs tersebut, terdapat forum diskusi yang dapat diakses para peneliti dari seluruh dunia. Situs ini juga dapat diakses oleh mahasiswa S1 dan S2 untuk mencari referensi jurnal untuk membuat karya ilmiah. Namun, beberapa jurnal membutuhkan izin akses atau request ke penulisnya.
  4. Google Scholar Situs jurnal Internasional ini merupakan milik perusahaan Google. Dalam situs ini tersedia ratusan jurnal ilmiah yang bisa diakses dengan beragam format. Jurnal yang tersedia pun beragam, mulai dari jurnal Indonesia hingga jurnal Internasional. Jenis karya ilmiah yang tersedia pun mulai dari tesis, jurnal, dan e-book. Kalian bisa mengaksesnya secara gratis melalui situs ini.
  5. ScienceDirect ScienceDirect adalah platform yang menyediakan referensi jurnal Internasional. Situs ini sudah tak asing di kalangan peneliti dan dosen. Namun, situs ini banyak memuat artikel ilmiah berbayar. Untuk mahasiswa yang sedang mencari referensi jurnal, bisa masuk ke situs ini dan membaca abstrak penelitian tersebut.
  6. Academia.edu Para dosen dan peneliti andal tentunya telah mengetahui situs Academia.edu. Situs ini umumnya dikenal dengan sebutan jejaring sosial para akademisi untuk berbagi hasil penelitian yang telah dilakukan. Untuk mengunduh jurnal dalam situs ini, kalian perlu membuat akun atau menyingkronkannya dengan akun Google atau Facebook.
  7. ProQuest ProQuest adalah database (pangkalan data) jurnal elektronik yang berpusat di Ann Arbor, USA. Situs ini menyediakan sumber informasi ilmiah bagi peneliti, dosen, dan mahasiswa.

Kalian bisa mencari jurnal yang ingin dijadikan referensi berdasarkan kata kunci. Dalam situs ini, tak hanya tersedia jurnal Internasional, tetapi juga buku, video dan audio pembelajaran, dan surat kabar.

SUMBER

Related posts

Penyebaran Covid-19 di Melbourne Australia Naik

Tim Kontributor

Keseringan Begadang Akan Berdampak Buruk Bagi Kesehatan Anda

penulis

KETIKA SUARA HANYA SATU-SATUNYA SENJATA

Tim Kontributor

Leave a Comment