Faktual.id
Bisnis

Semangat Cegah Body Shaming Remaja

Body shaming merupakan salah satu bentuk dari tindakan mengomentari fisik, penampilan, atau citra diri seseorang baik dilakukan oleh orang lain atau pun terhadap dirinya sendiri. body shaming tak hanya dilakukan secara langsung saja melainkan banyak sekali tindakan Body Shaming yang dilakukan di media sosial . Biasanya pelaku memberikan komentar pedas atau ejekan pada kolom komentar dari postingan korban tersebut. sangat memprihatinkan  apabila tindakan ini terjadi secara terus menerus, hal ini dapat menyebabkan depresi, mengurung diri untuk bergaul serta emosi yang negatif pada diri korban.

Upaya yang sangat penting untuk mencegah body shaming pada remaja ialah memilih lingkungan pergaulan yang sehat karena lingkungan pergaulan yang sehat hendaknya saling mendukung satu sama lain dan memberikan arahan serta pengaruh untuk menjadi lebih baik. Tak hanya itu, remaja juga harus memiliki pendirian yang kuat sehingga tidak mudah terbawa arus akan hal negatif.

Peran orangtua dan lingkungan keluarga di rumah pun juga jadi kuncinya, saat ini banyak sekali orang terdekat ataupun keluarga sendiri yang melakukan Body Shaming secara tidak sadar. Sangat disarankan sekali bagi para orangtua agar mendorong anak belajar mencintai diri mereka dan belajar untuk bersyukur, sehingga mereka dapat menerima kondisi fisiknya dan mencintai dirinya sendiri. karena belajar mencintai dan menghargai diri sendiri sangatlah penting  agar hidup kita menjadi lebih bahagia dan lebih sehat secara mental maupun jasmani.

Penulis : Karina Zeta Ayuningtyas, Mahasiswa STISIP Widuri.

Related posts

Mengembangkan Bisnis Pariwisata Via Digital Marketing

Tim Kontributor

Bioskop Kembali Dibuka, Ini Aturan Yang Harus Dipatuhi

Tim Kontributor

Pandemi membuat Pecinta Drama Korea Meningkat

penulis

Leave a Comment