Faktual.id
Bisnis

Persatuan Wujudkan Kemenangan

Satu tim sepak bola terdiri dari 11 orang pemain inti dan beberapa orang tim lain yang berada di luar lapangan, seperti pemain cadangan, pelatih, tim medis, dan suporter. Mereka adalah sebuah kesatuan, yang dapat saling membantu untuk menciptakan gol kemenangan. Meskipun yang nampak hanyalah para pemain inti saja, tetap saja para pemeran pendukung pun sangat diperlukan.

Misalnya saja, ketika para suporter malas untuk menyemangati secara langsung atau bahkan malah mencemooh timnya, tentu saja para pemain sepak bola tersebut semangatnya akan menurun atau bahkan tidak fokus. Keberadaan suporter memang terlihat sepele, namun jangan salah karena dukungan dan teriakan mereka di stadion dapat menambah energi para pemain di lapangan.

Tidak jarang ada pemain bola egois yang ingin mencetak gol sendiri agar namanya semakin terpandang, hal ini biasanya menjadi salah satu faktor kekalahan dalam tim. Koordinasi yang baik dalam sebuah kelompok sangat penting untuk dilakukan, pastikan jangan sampai ada salah satu anggota egois seperti itu.

Masing-masing anggota memiliki tanggung jawab yang sama, yaitu mengharumkan nama tim mereka dengan menghasilkan kemenangan. Jika tidak ada kerjasama yang baik, maka kemenangan tersebut akan sulit dicapai. Biasanya pelatih atau kapten akan meluruskan hal-hal yang kurang sejalan, contohnya seperti pemain egois tadi.

Kekalahan yang terjadi atas penjajah terjadi karena tidak adanya koordinasi untuk melawan mereka, sehingga masing-masing menjadi terpecah belah. Dari sini dapat diambil kesimpulan, bahwa kesatuan dan persatuan sangatlah penting untuk mewujudkan kemenangan atau hidup yang lebih baik

 

Penulis:Fatmah mahasiswa stisip widuri

 

 

 

 

Related posts

Bingung mau pilih kampus yang sesuai dengan kalian? yuk simak disini

penulis

Patuhi Pedoman Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Agar Murid Tidak Depresi Dalam Belajar

Tim Kontributor

Mohamed salah menjadi man of the match di pekan ke lima liga inggris saat berhadapan dengan Everton

Tim Kontributor

Leave a Comment